Advertisement

Banjir Berdampak Penurunan Kunjungan Wisata di Bantul Capai 20%

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Selasa, 26 Maret 2019 - 16:17 WIB
Sunartono
Banjir Berdampak Penurunan Kunjungan Wisata di Bantul Capai 20% Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo. - Harian Jogja/Kiki Luqman Hakim (ST16).

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Banjir yang terjadi di Kabupaten Bantul pada Minggu (17/3/2019) lalu membuat dampak buruk di beberapa sector, salah satunya ialah pariwisata. Jumlah kunjungan wisata setelah terjadinya banjir tersebut menurun hingga 20%.

Kepadal Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan bahwa kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul mengalami penurunan sekitar 20% setelah terjadinya benca banjir.

Advertisement

“Penurunan ada sekitar 20 persen, kalau yang di desa wisata yang terkena bencana penurunannya sangat drastis, sekitar 60 persen,” ungkapnya kepada pihak media saat menghadiri Dinas Pariwisata Award 2019, Sabtu (23/3/2019) lalu.

Meski demikian ia mengakui perkiraan itu bukan sepenuhnya valid karena memungkinkan angka tersebut bertambah atau berkurang. Angka penuruan tersebut berdasarkan perhitungan sementara dari jumlah kunjungan wisatawan setiap bulan.

Setiap bulannya Bantul menerima wisatawan sebanyak 300.000 orang, sedangkan pada bulan ini Bantul hanya menerima 250.00 wisatawan. “Artinya ada penurunan sekitar 50.000 hingga 60.000,” tambah Kwintarto.

Pihaknya telah mendata destinasi wisata mana saja yang mengalami kerusakan. Diantaranya adalah Pantai Parangkusumo, Makam Raja Imogiri, dan akses menuju Parangtritis.

Selain itu Dinpar juga telah melaporkan daerah-daerah tersebut kepada Kementrian Pariwisata Republik Indonesia dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul. Laporan tersebut sekaligus membahas tentang pemulihan dibeberapa destinasi yang terdampak banjir.

“Semoga dalam waktu dekat segera ada bantuan terkait masalah pemulihan, setelah itu kami akan langsung bertindak sehingga pengunjung bisa kembali nyaman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wakil Presiden Dijadwalkan Membuka Rakernas Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement