BPJS Kesehatan Yogyakarta Donasikan Bantuan untuk Korban Bencana Alam di Bantul

Kondisi rumah Suryanto yang jebol terkena material longsor. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
25 Maret 2019 20:47 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Yogyakarta memberikan bantuan kepada para korban bencana alam, khususnya banjir di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul belum lama ini.

Kepala BPJS Kesehatan Yogyakarta Dwi Hesti Yuniarti mengatakan bantuan berupa makanan, perlengkapan rumah tangga, sembako, dan alat tulis itu merupakan salah satu bentuk program organization social responsibility (OSR). Bantuan itu diterima langsung oleh Penanggung jawab Penerimaan Bantuan Bencana Puskesmas Imogiri 2 Bantul, Imung Soca Hayati.

“Kami mendengar korban banjir di wilayah Bantul mencapai ribuan jiwa. Bisa jadi para korban tersebut adalah Peserta JKN-KIS sehingga bantuan ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat untuk meringankan beban mereka,’’ kata Hesti usai menyerahkan bantuan tersebut di Puskesmas Imogiri 2 seperti tertulis dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (25/3/2019).

Sebagai badan hukum publik, BPJS Kesehatan tidak hanya berkewajiban menyelenggarakan program JKN-KIS, melainkan juga harus peka terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Karena itu BPJS Kesehatan memiliki program OSR yang sengaja diciptakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. “Jenis OSR macam-macam. Ada OSR tanggap sosial keagamaan, OSR sosial kesehatan, OSR tanggap bencana dan lain-lain. Setidaknya dalam satu tahun minimal satu kali penyaluran OSR,’’ kata dia.

Tak hanya sekadar menyalurkan bantuan, imbuh Hesti, instansinya selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat terlebih dulu. Hal itu menurut dia penting dilakukan agar bantuan yang diberikan nantinya bisa tepat sasaran. ”Bencana banjir ini melanda dua daerah di wilayah kerja kami sehingga kami tergerak hati untuk membantu para korban di daerah tersebut. Tetapi kami tak sembarangan menyalurkan, kami pasti berkoordinasi dulu [dengan pemerintah setempat] agar bantuan yang kami salurkan bisa tepat sasaran,’’ kata dia.