Advertisement

GKR Hemas Soroti Masalah Ketenagakerjaan

Abdul Hamied Razak
Kamis, 28 Maret 2019 - 15:57 WIB
Sunartono
GKR Hemas Soroti Masalah Ketenagakerjaan GKR Hemas saat mengunjungi PT Busana Remaja Agraxipta. - Ist/DPD RI.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas mengunjungi dua pabrik berorientasi ekpor, PT Komitrando Emporio dan  PT Busana Remaja Agraxipta di Bantul.

GKR Hemas mengatakan keberadaan pabrik dengan kondisi investasi yang sehat membantu pemerintah DIY dalam mensejahterakan warganya. Dia juga menegaskan komitmennya untuk membela hak-hak perempuan, termasuk terus mendorong percepatan pembahasan RUU Perlindungan Perempuan dari Kekerasan.

Advertisement

"Perempuan bekerja adalah perempuan hebat, saya bangga pada karyawan di sini. Dengan bekerja, otomatis perempuan membantu ekonomi keluarga, karena itu perannya sangat penting. Saat ini sedang diupayakan UU anti kekerasan terhadap perempuan, untuk menjamin keselamatan dan keamanan perempuan, terlebih perempuan pekerja," ucap Hemas melalui rilisnya, Rabu (27/3/2019).

Ia berharap masyarakat juga ikut mengawal Keistimewaan DIY harus terus dikawal dan sesuai dengan fungsi dan tugasnya sebagai anggota Komite II DPD RI, persoalan ketenaga-kerjaan juga menjadi konsentrasinya. Dengan mayoritas pekerja pabrik tersebut adalah perempuan, maka saat ini, posisi tenaga kerja perempuan menjadi sama pentingnya, termasuk risiko yang juga harus dihadapi.

"Sebagai anggota DPD, saya sering terlibat dalam persoalan tenaga kerja luar negeri yang juga kebanyakan perempuan. Tidak sedikit korban dan di sinilah peran anggota DPD, menyampaikan keluh-kesah dan persoalan warga," ucapnya.

Pihaknya akan berfokus pada program-program dalam bingkai Keistimewaan DIY, meliputi program-program yang berdampak pada masyarakat menjadi lebih tenteram dan sejahtera, menguatkan UMKM dalam menghadapi ekonomi global, dengan membangun jejaring  agar pemasaran produk-produk UMKM mampu go internasional, mempercepat pembangunan infrastruktur termasuk sarana dan prasarana dasar untuk masyarakat.

"Untuk menunjang kesejahteraan masyarakat DIY, investasi seperti pabrik yang berorientasi pada ekspor perlu ditingkatkan," ujar Hemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement