Advertisement

Mahasiswa UMY Beri Pelatihan Bahasa Jepang kepada Sopir

Uli Febriarni
Jum'at, 29 Maret 2019 - 08:47 WIB
Laila Rochmatin
Mahasiswa UMY Beri Pelatihan Bahasa Jepang kepada Sopir Mahasiswa Prodi PBJ UMY bersama APPKY se usai kegiatan pengabdian masyarakat lewat pelatihan bahasa Jepang dan pengenalan budaya Jepang kepada sopir dan staf administrasi persewaan kendaraan di DIY. - ist/dok.prodi PBJ UMY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi PBJ UMY), melaksanakan pengabdian masyarakat lewat pelatihan bahasa Jepang dan pengenalan budaya Jepang kepada sopir dan staf administrasi persewaan kendaraan di DIY.

Ketua tim Sonda Sanjaya menjelaskan kegiatan itu terselenggara bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta (APPKY). Ide memberikan pelatihan muncul didasari dengan maraknya usaha persewaan kendaraan bermotor di DIY. Mengingat, DIY merupakan salah satu destinasi wisata bagi wisatawan domestik dan mancanegara, salah satunya berasal dari negara Jepang.

Advertisement

"Di tempat penyewaan kendaraan, pihak yang perlu berinteraksi bukan hanya para sopir, akan tetapi juga staf administrasi turut menjadi pihak terdepan yang menghadapi klien. Sehingga wawasan mengenai budaya Jepang dan karakter masyarakat Jepang, tidak harus dipahami oleh sopir saja," kata dia, Kamis (28/3/2019).

Ia berharap peserta termotivasi untuk mengenal bahasa Jepang dasar dan memahami nilai-nilai budaya Jepang yang dapat diterapkan dalam pekerjaannya.

Kegiatan dimulai sejak 18 Februari 2019 hingga Selasa (26/3/2019). Materi pelatihan diberikan oleh para dosen Prodi PBJ, dibantu mahasiswa yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat. Mulai dari mengenai pelajaran bahasa Jepang dasar dan budaya-budaya Jepang yang dapat diterapkan dalam aktivitas pekerjaan berkaitan dengan layanan yang diberikan oleh usaha persewaan kendaraan bermotor.

"Harapannya, kegiatan tidak berhenti di sini, tetapi ada kegiatan lain yang bisa diselenggarakan bersama," jelas dia.

Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa UMY Suryanto ingin agar silaturahmi antara UMY dan APPKY terus terjalin.

Sekretaris APPKY Dwi Auditya Muttaqin menyampaikan terima kasih atas materi yang diberikan dan meyakini semua yang telah diberikan oleh para pemateri dapat bermanfaat bagi peserta dalam pekerjaannya.

Di akhir pertemuan, tim pengabdian masyarakat menyerahkan purwarupa buku saku bahasa Jepang dasar dan pengenalan budaya Jepang bagi peserta pelatihan.
Nantinya, setelah buku saku itu rampung diterbitkan, akan diberikan kepada APPKY dan semua peserta pelatihan secara gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement