Advertisement

Tol Jogja-Bawen Tinggal Penetapan Akhir Trase

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 06 April 2019 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tol Jogja-Bawen Tinggal Penetapan Akhir Trase Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Progres tahapan pembangunan jalan tol baik yang menghubungkan Jogja-Bawen-Semarang maupun Cilacap-Jogja-Solo terus menunjukkan perkembangan positif. Hingga kini, keduanya masih menunggu penetapan trase.

Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan sampai saat belum dilakukan penetapan lokasi (Penlok) baik untuk jalur tol Jogja-Bawen-Semarang maupun Cilacap-Jogja-Solo. "Penlok muncul setelah trase disetujui. Bedanya, untuk jalur Jogja-Bawen-Semarang belum ada permintaan penlok. Adapun untuk jalur Cilacap-Jogja-Solo kami masih menunggu kepastian trase," katanya di Kepatihan, Jumat (5/4/2019).

Advertisement

Pemda masih menunggu pengajuan trase dari Pusat. Kalau trasenya diajukan kemudian disetujui oleh Gubernur, maka Penlok bisa keluar. "Kalau gambarannya Dirjen Binamarga tahun depan bisa jalan. Lelang tahun ini. Tugas penetapan Penlok merupakan kewajiban dan kewenangan Gubernur," katanya.

Hanya saja, dia menjelaskan jika tipe tol yang masuk di wilayah DIY (Cilacap-Jogja-Solo) modelnya kombinasi. Ada yang melayang dan ada juga yang di bawah. Kondisi jalan akan menyesuaikan dengan wilayah yang akan dilalui. Gatot belum bisa memastikan trase tersebut karena masih akan dibahas. Meski begitu, Pemda tetap akan memerhatikan keberadaan situs-situs yang ada di wilayah DIY.

"Tugas kami memastikan trasenya dulu. Daerah [gubernur] punya kewenangan itu," katanya.

Saat dihubungi, Kepala Balai Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menggatakan saat ini Direktorat Jenderal Binamarga menyiapkan penetapan trase dan menyiapkan dokumen pengadaan lahan untuk jalur Jogja-Bawen-Semarang. "Masih dalam proses penetapan akhir dari trase. Masih perlu konsultasi antara Pemda DIY dan Binamarga," katanya kepada Harian Jogja.

Jika dokumen kelayakan, DPPT dan sebagainya sudah disetujui, tahapan selanjutnya berupa penlok sebelum dilakukan pengadaan investasi. Pengajuan penlok dilakukan baik ke DIY maupun Jateng. "Setelah meminta approval (trase) dan diterima oleh Gubernur baru masuk proses Penlok. Kalau Penlok sudah terbit dari gubernur masuk proses pengadaan investasi," katanya.

Soal pelaksanaan tender, tetap ditargetkan tahun ini. Adapun proyek tersebut dijadwalkan mulai tahun depan dan memakan waktu sekitar dua tahun. Selain mendukung operasional bandara internasional NYIA, proyek tol Bawen-Jogja termasuk Proyek Strategis Nasional (PSN). "Target kita begitu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement