Advertisement

Antisipasi Politik Uang di Masa Tenang, Bawaslu Kulonprogo Lakukan Patroli

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 09 April 2019 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Antisipasi Politik Uang di Masa Tenang, Bawaslu Kulonprogo Lakukan Patroli Sejumlah polisi dan tentara berpakaian preman tengah menendang barikade kepolisian dalam simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Alun-Alun Wates, Kecamatan Wates, Kamis (7/2/2019).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulonprogo akan menerjunkan seluruh personilnya guna melakukan patroli selama masa tenang kampanye pada 14-16 April. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi munculnya praktik politik uang.

"Pada masa tenang itu sangat rawan timbul pelanggaran politik uang. Calon anggota legislatif memandang masa tenang sangat tepat untuk melakukan praktik tersebut karena sudah tidak ada kampanye, maka dari itu kami akan akan melakukan pengawasan lewat patroli," kata Ketua Bawaslu Kulonprogo, Ria Harlinawati, Selasa (9/4/2019).

Advertisement

Ria mengatakan personil yang turun dalam patroli meliputi anggota Bawaslu kabupaten, Panwaslu kecamatan, dan pengawas tempat pemungutan suara (TPS). Selama tiga hari di masa tenang, mereka akan berpatroli penuh hingga 24 jam nonstop.

Patroli ini juga untuk mengawasi kesiapan TPS agar menaati aturan. Antara lain ketersediaan akses bagi penyandang disabilitas, tempat penitipan handphone, tidak boleh ada tisu maupun kain yang berpotensi digunakan pemilih untuk menghapus tinta, serta TPS harus bebas dari atribut partai politik.

Dia menegaskan di hari pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang, ketepatan waktu dan prosedur harus dijalankan. Saksi yang masuk juga harus memiliki surat mandat, dan tak boleh menggunakan atribut partai politik. "Ini harus ditekankan juga, agar KPPS berkoordinasi dengan kami," ujarnya.

Disinggung soal TPS rawan di Kulonprogo, Ria belum menerangkan. Saat ini pihaknya masih melakukan pemetaan sesuai indikator yang ditetapkan Bawaslu RI. Nantinya informasi TPS rawan akan dipublikasikan minimal sepekan sebelum pelaksanaan pemilu.

Untuk menjaga kelancaran pemilu agar sesuai prosedur, Bawaslu Kulonprogo sebelumnya menggelar deklarasi pemilu bersih dan berintegritas bersama penyelenggara pemilu dan peserta Pemilu 2019.

Deklarasi itu bertujuan meminta komitmen bersama dari seluruh elemen masyarakat, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkompinda, penyelenggara pemilu dan peserta pemilu. Pelaksanaan deklarasi dilangsungkan di Hotel King, Wates, Senin (8/4/2019) kemarin.

Adapun deklarasi berisi penolakan terhadap segala bentuk kecurangan di dalam Pemilu 2019 khususnya di wilayah Kulonprogo. Selain itu juga menjaga keuntuhan NKRI dengan tidak melakukan politik SARA, ujaran kebencian, dan hoax, tidak melakukan politik uang dengan alasan dan dalam bentuk apapun, dan melaksanakan pemilu sesuai peraturan perudang-undangan yang berlaku.

Wakapolres Kulonprogo Kompol Dedi Surya Dharma menegaskan pihaknya selalu siap memberikan pengawalan dalam setiap tahapan pemilu yang diminta KPU dan Bawaslu. Dia ingin pemilu tahun ini bersih, damai dan aman.

"Kepastian pemilu yang bersih dan berintegritas merupakan salah tugas kami, di sini kami fokus pengamanan, tapi juga tetap sinergi dengan unsur terkait, dan yang pasti menjaga netralitas," katanya.

Polres Kulonprogo bersama TNI dan Satpol PP setempat sebelumnya telah membentuk tim pengamanan pemilu. Tim gabungan on berjumlah 1.187 personel. Mereka dibekali ratusan sarana prasarana (sapras) penunjang meliput 62 kendaraan roda dua, 33 unit kendaraan roda empat, dan lima unit kendaraan roda enam.

Selain itu alat khusus dari Satuan Sabhara, perlengkapan pengurai masa (raimas) dan pengendalian masa (dalmas) turut disiapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement