Dies Natalis, UNY Akan Pecahkan Rekor MURI

Rektor UNY Prof.Sutrisna Wibawa dan jajaran kepanitiaan Dies Natalis ke-55 UNY dalam temu media, di gedung Fakultas Ekonomi UNY, Senin (15/4/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni
16 April 2019 08:17 WIB Uli Febriarni Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berencana memecahkan rekor MURI untuk kategori jumlah pemain jatilan terbanyak, dalam rangkaian Dies Natalis ke-55 UNY.

Rektor UNY Prof.Sutrisna Wibawa mengungkapkan sedianya akan ada lebih dari 3.500 penari jatilan yang akan memeriahkan Festival Jatilan sebagai rangkaian Dies Natalis pada 2 Mei 2019.

"Kami suka menjadikan acara ini sebagai sebuah festival dan ini menjadi yang pertama. Kami akan melaksanakan festival tiap tahun untuk mempertahankan budaya jatilan," kata Rektor UNY Sutrisna Wibawa di gedung Fakultas Ekonomi UNY, Senin (15/4/2019).

Ia menambahkan sentuhan seni dan budaya coba terus dipertahankan kampus dengan menggali potensi segenap warga UNY.

Mengambil tema Inovasi Pendidikan untuk Indonesia, UNY tidak hanya fokus pada bidang akademik. Namun memiliki inovasi lain untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, kreatif dan inovatif.

"Dies kali ini fokus pada peningkatan nuansa dan atmosfer akademik dengan sentuhan seni dan budaya. Sebagai bentuk realisasi inovasi pendidikan yang sudah menjadi tema-tema Dies Natalis UNY di masa sebelumnya," ungkapnya.

Selain Festival Jatilan, Dies Natalis kali ini diisi dengan peluncuran beragam buku. Di tingkat universitas, buku Best Practice Pendidikan Pancasila diterbitkan untuk melengkapi alternatif pola pembelajaran Pancasila di Indonesia. Di tingkat fakultas, buku-buku yang sesuai visi dan misi fakultas juga ikut diluncurkan dalam rangka menjawab inovasi di bidang akademik.

Ketua panitia Dies Natalis ke-55 UNY Siswanto menjelaskan UNY berharap masyarakat, baik itu komunitas, kelompok jatilan, hingga masyarakat umum di DIY dan Jawa Tengah turut berpartisipasi dalam pemecahan rekor MURI jatilan.

Dies Natalis juga menghadirkan beragam rangkaian kegiatan lain, di antaranya seminar, senam, gelar produk, festival dalang cilik, pagelaran wayang kulit dan konser.

Saat penyelenggaraan peringatan puncak dies natalis, dijadwalkan Gubernur DIY Sri Sultan HB X akan menyampaikan pidato ilmiah. "Wakil presiden juga dijadwalkan hadir dalam rangkaian dies kali ini," kata dia.