Pemilu, Layanan SIM di Gunungkidul Libur Empat Hari

Pembuatan Surat Izin Mengemudi. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
16 April 2019 19:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Pelayanan SIM di Satlantas Polres Gunungkidul libur selama empat hari. Kebijakan ini diambil karena petugas pelayanan dikerahkan untuk fokus dalam pengamanan Pemilu 2019.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko mengatakan, pihaknya mengambil kebijakan untuk meliburkan layanan SIM. Libur dimulai Rabu (17/4/2019) hingga Sabtu (20/4/2019). Kebijakan ini diambil karena petugas pelayanan akan difokuskan untuk pengamanan pemilu. “Bagi para pemohon harap makmul karena kebijakan ini juga sebagai upaya mengamankan pelaksanaan pemilu berjalan dengan aman dan lancar,” kata Mega kepada wartawan, Selasa (16/4/2019).

Dia menjelaskan, bagi pemohon yang masa berlaku SIM telah habis bersamaan dengan libur layanan untuk tidak khwatir. Pasalnya, sambung Mega, pemohon diberikan kelonggaran untuk mengurus perpanjangan, tanpa harus mengurus SIM baru karena adanya keterlambatan dalam pengajuan. “Kita berikan tolerasinsi selama satu minggu. Tapi kalau lebih, maka pemohon harus mengurus SIM baru,” ungkapnya.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Enny Nur W mengatakan, selama pencoblosan, pihak polres akan fokus untuk pengamanan. Oleh karenanya, sejumlah pelayanan seperti SIM, pajak kendaraan bermotor hingga pengajuan surat keterangan catatan kepolisian akan diliburkan sementara waktu. “Kami fokus untuk pengamanan. Jadi, untuk sementara layanan kami liburkan. Rencananya layanan akan kembali dibuka pada Senin [23/4/2019],” katanya.