Syukuran Kemenangan Jokowi, Rejomulia Makan Jenang Sumsum Bareng

Rejomulia menggelar syukuran dan jenang sumsuman di Sawah Resto Nologaten, Selasa (23/42019). - Ist
23 April 2019 23:27 WIB Budi Cahyana Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Relawan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin Untuk Kemuliaan Indonesia (Rejomulia) menggelar syukuran dan jenang sumsuman di Sawah Resto Nologaten, Sleman Selasa (23/42019).

Acara ini diisi doa bersama, pemotongan tumpeng, dan rangkaian acara lain secara sederhana dan santai. Acara ini dihadiri Masrur Ahmad, Ketua Rejomulia; Ahmad Charis Zubair, tokoh Muhammadiah dan juga deklarator Rejomulia, serta para deklarator. Sekitar 200 orang hadir di acara ini.

Jenang Sumsuman merupakan tradisi yang sering dilakukan masyarakat Jawa setelah melakukan hajat besar. Jenang sumsum biasanya terbuat dari tepung beras putih  dicapur tepung ketan yang dihidangkan bersama larutan gula merah. Warnanya yang putih bersih diyakini sebagai simbol kebersihan hati. Gula merah dimaknai sebagai semangat kerja nyata untuk kesejateraan. Menikmati bersama jenang atau bubur sumsum, dimaksudkan untuk mengembalikan energi dan semangat setelah hajat besar berlangsung. Rasa syukur atas kemenangan Jokowi dengan jenang sumsuman bukan berarti tugas pemenangan sudah selesai, Rejomulia tetap akan mengawal penghitungan suara dan sebagai jaringan masyarakat akan terus bekerja menjaga secara kepemimpinan Jokowi-Amin lima tahun ke depan.

“Rejomulia berkewajiban untuk membantu Jokowi berjalan pada track-nya secara konstisional. Maka tetap harus kritis.  Dengan jenang sumsum, Rejomulia ingin mengingat kemurnian hati dengan simbol putihnya jenang dan manisnya janji larutan gula merah untuk selalu dipegang dan ditunaikan,” kata Charis Zubair.

Charis Zubair mengajak semua hadirin untuk mengheningkan cipta untuk arwah ekspononen Rejomulia dan anggota KPPS yang meninggal dunia dalam atau setelah menjalankan tugas melaksanakan proses demokrasi.

Agung Budyawan, Pejabat Humas Rejomulia mengatakan Rejomulia adalah komunitas relawan yang secara swadaya digerakan oleh budayawan, akademisi, pengusaha, aktivis, seniman, pengiat masyarakat akar rumput dan berbagai elemen masyarakat lainnya di DIY untuk memenanangkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Sejak dideklarasikan pada 12  Agustus 2018 di depan rumah keluarga Pratelo Jl. Menur No 25 Baciro, Kota Jogja, yang merupakan tempat indekos Jokowi di awal masa kuliahnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Rejomulia sudah melakukan berbagai aktivitas dan sinergi untuk penggalangan dukungan untuk kemenangan pasangan capres 01 dengan target kemenangan 70% suara di DIY.

Berdasar website KPU pada Selasa sore, suara Jokowi-Ma’ruf di DIY mencapai 70,85 %. Dengan demikian, target kemenangan Jokowi-Amin di DIY telah tercapai.