Partai-Partai di DIY Ini Optimistis Calegnya Lolos ke Senayan

Bendera partai politik. - Solopos/Maulana Surya
26 April 2019 01:17 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Ketua DPD Partai Golkar DIY Haryadi Suyuti berharap pada Pemilu 2019 ini Golkar DIY bisa mendudukkan satu kadernya di DPR RI laiknya Pemilu 2014 lalu.

Meski demikian, dia berharap Golkar bisa menambah satu kursi lagi. "Saat ini masih dalam tahap penghitungan suara. Tunggu saja hasilnya," kata pria yang juga menjabat sebagai Walikota Jogja itu, Kamis (25/4/2019).

Jika tidak mendapatkan kursi untuk DPR RI, pihaknya tentu akan melakukan evaluasi. Sebab Golkar bukan satu-satunya partai yang ikut pada Pemilu 2019 karena masih ada 16 partai lainnya yang menjadi kontestan Pemilu.

"Ya tentu akan kami evaluasi dinamika pileg seperti apa. Sebab semua partai berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan suara," katanya.

Sementara Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto mengatakan masih belum ada siapa Caleg yang ke Senayan. Alasannya sampai saat ini penghitungan suara di KPU belum 100 %.

"Saya tidak mengada-ada. Tapi kami pastikan, target DPR RI tiga kursi, DPRD DIY sebanyak 17 kursi dari 14 kursi dan DPRD Kab/Kota se DIY 75 kursi dari 58 kursi. Ini semua orang-orangnya belum tahu siapa-siapanya. Tunggu saja," kata Bambang.

Sayangnya, Sekretaris DPD Gerindra DIY Dharma Setiawan enggan menyebutkan perolehan suara dan potensi Caleg yang akan melanggeng ke Senayan. Padahal pada Pemilu 2014 lalu, Gerindra mampu mendudukkan salah seorang kadernya, Andhika Pandu sebagai anggota DPR RI.

Sebelumnya, Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin mengklaim hasil perolehan suara PAN di wilayah DIY hanya bisa melanggengkan Hanafi Rais untuk kembali terpilih sebagai anggota DPR-RI 2019-2024. Hal itu melihat dari raihan suara sementara PAN pada Pemilu 2019 baru mencapai 10%.

"Hitungan kami masih bisa meraih 13,5 persen. Secara hitung-hitungan tetap satu nama yakni mas Hanafi Rais yang jadi," katanya.

Begitu pula Ketua Nasdem DIY Subardi alias Mbah Bardi optimistis bisa menyumbang minimal satu kursi DPR RI pada pemilu tahun ini. Pasalnya torehan suara Nasdem pada Pemilu 2019 mengalami lonjakan tinggi. "Ini artinya, masyarakat sudah mulai mencintai Nasdem. Ini dapat dilihat dari naiknya perolehan suara NasDem DIY dari Pileg 2014 ke 2019. Itu saja kuncinya," katanya.

Sikap yang sama juga disampaikan Ketua DPW PKB DIY Agus Sulistiyono. Dia mengatakan jika pada Pemilu 2019 dirinya kembali terpilih untuk menjadi anggota DPR RI 2019-2024. Kepastian tersebut dilihat dari hasil perolehan suara politisi nomor urut 1 PKB itu pada Pemilu 2019.

Hal itu juga diamini oleh Agus. "Saya ucapkan terimakasih kepada para kiyai, kader-kader PKB dari DPC hingga Ranting. Mari terus bejuang demi tegaknya NKRI dan Ahlusunah waljamaah agar Jogja tetap Istimewa," kata Ketua DPW PKB DIY ini.

Berbeda dengan mereka, Ketua DPW Partai Demokrat DIY Heri Sebayang mengatakan belum bisa memastikan Caleg yang akan ke Senayan karena masih menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara di KPU. Meskipun demikian, dia mengakui suara Demokrat mengalami penurunan dibandingkan Pemilu 2014.

"Secara nasional juga (perolehan) suara turun. Tapi kami masih menunggu penghitungan KPU. Sebab masih ada perubahan penghitungan di tingkat PPK," katanya kepada Harianjogja.com, Rabu (24/4/2019).