Kanwil Kemenkumham DIY Beri Penghargaan dalam Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55

Puncak acara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DIY dilaksanakan dengan menggelar upacara di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta Sabtu (27/4/19). - Ist/Kanwil kemenkumham DIY.
27 April 2019 19:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DIY Krismono menganugerahkan penghargaan kepada stakeholder unit pelaksana teknis (UPT) pemasyarakatan yang telah berkolaborasi dengan baik Sabtu (27/4/19). Penganugerahan penghargaan tersebut dilakukan pada saat Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta.

Penghargaan pertama diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI kepada para stakeholder unit pelaksana teknis pemasyarakatan. Stakeholder penerima penghargaan tersebut diantaranya Bupati Kabupaten Sleman, Sri Purnomo atas dukungan dan bantuannya dalam mewujudkan pelaksanaan tugas di Lapas Kelas IIB Sleman. Penghargaan kedua diberikan kepada Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Panut Mulyono atas pemberian bantuan dan dukungan pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta.

“Penghargaan kedua dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan kepada mitra LPKA Yogyakarta atas dukungan dan bantuan dalam pemenuhan hak anak. Mitra-mitra tersebut diantaranya Fakultas Psikologi UGM, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul, Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Gunungkidul, dan tim pengabdian kepada masyarakat UGM,” terang Krismono dalam rilis kepada Harian Jogja.

Ia menambahkan penghargaan ketiga dari Kakanwil Kemenkumham DIY untuk unit pelaksana teknis beserta pimpinannya yang berprestasi. Penerima penghargaan tersebut di antaranya Lapas Kelas IIA Yogyakarta sebagai UPT terbaik dalam pelaporan sistem database pemasyarakatan, Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta sebagai UPT paling rutin melakukan razia.

Kemudian Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas IIB Wates sebagai UPT terbaik dalam pelaporan bulanan administrasi umum, Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta sebagai UPT yang menerapkan kebersihan dan kerapihan kerja. Selain itu ada Rutan Kelas IIB Bantul sebagai UPT berkinerja terbaik, Rutan Kelas IIB Wates sebagai UPT terbaik dalam pelaporan bulanan administrasi keuangan, LPKA Yogyakarta sebagai UPT teraktif dalam menjalin kerjasama dengan instansi lain.

“Penghargaan juga diberikan kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis yang berprestasi. Para penerima penghargaan tersebut adalah Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto,” katanya.

Turut hadir dalama upacara tersebut Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham DIY Novita Ilmaris, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Tedja Sukmana, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DIY, Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham DIY, Monica Dhamayanti, para kepala unit pelaksana teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham DIY, serta para tamu undangan.