Ratusan Rumah di Gunungkidul Segera Punya Jamban Sehat

Ilustrasi pembangunan jamban warga. - JIBI
28 April 2019 21:32 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 200 unit rumah di Kabupaten Gunungkidul segera memiliki jamban sehat. Ratusan rumah tersebut tersebar di tiga kecamatan yakni Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari; Desa Gedangrejo, Kecamatan Karangmojo; dan Desa Logandeng serta Desa Gading di Kecamatan Playen.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Agus Subariyanta, mengatakan sebelumnya program jamban sehat menyasar dua kecamatan. “Sebelumnya dilaksakan di Kecamatan Saptosari dan Gedangsari,” ujarnya, belum lama ini. Keempat desa yang mendapat jamban bersih berdasarkan pendataan dari tim yang ada di lapangan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka, menuturkan pembangunan jamban yang sesuai standar perlu dilakukan supaya warga mulai menerapkan pola hidup bersih sehat. Dinkes mendorong agar masyarakat punya jamban sendiri. “Sekarang baru sekitar 78 persen warga yang punya jamban sehat,” kata dia.

Menurutnya, pembangunan jamban dilakukan melalui Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK). Di sisi lain, orang yang sudah lansia perlu diberi pengertian agar tidak buang air besar sembarangan, pasalnya karena mereka sudah terbiasa melakukan itu di sembarang tempat maka perlu diubah. “Diubah supaya buang air di jamban,” katanya.