Anak Bupati Sleman Sri Purnomo Lolos ke Parlemen

Warga sedang melihat daftar caleg yang dipasang di papan pengumuman pada Minggu (21/4) di TPS 2, Desa Mergosari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
03 Mei 2019 07:57 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kejutan datang dari Sleman pada Pemilu 2019 kali ini. Di mana putra Bupati Sleman Sri Purnomo, Raudi Akmal meraih suara terbanyak alias lolos ke parlemen dalam Pileg DPRD Sleman.

Tidak hanya Raudi, pamannya, Abdul Khadir yang juga pengusaha sukses juga ikut melanggeng ke DPRD Sleman. Bahkan suara yang diraih Abdul Khadir mampu mengalahkan calon petahana yang juga Wakil Ketua DPRD Sleman Inoki Azmi Purnomo. "Kami masih menunggu hasil resmi dari KPU," kata Inoki, Kamis (2/5/2019).

Adapun Ketua DPW PKS M Darul Falah menyebut total raihan suara PKS naik masing-masing satu kursi baik di DPRD DIY maupun DPRD Kota Jogja. Kalau sebelumnya PKS hanya mendapatkan empat kursi di DPRD Kota Jogja, pada Pemilu 2019 mereka mendapatkan lima kursi. "Untuk DPRD DIY, kursi kami juga naik dari sebelumnya enam menjadi tujuh kursi. Semua dapil kami dapat kursi, Bantul dan Sleman masing-masing dua kursi, yang lain [Kota/Kulonprogo/Gunungkidul] masing-masing satu kursi," katanya.

Hanya saja, Falah enggan menyebutkan nama-nama yang lolos ke legislatif dengan alasan tidak ingin mendahului ketetapan KPU. Meski begitu, dari informasi yang diperoleh Harian Jogja, Falah dan Ketua DPW PKS Kota Jogja M Syafi'i, Basuki Abdurrahman dan Dwi Budi Utomo, termasuk dari tujuh caleg yang lolos ke DPRD DIY. "Untuk DPRD Kota ada tiga hingga empat caleg baru dan di DIY hampir semuanya baru," kata Falah.