Pokdarwis se-DIY Saling Sharing

Sejumlah perwakilan pokdarwis desa wisata se-DIY berkumpul di Desa Wisata Wukirsari, Imogiri, Bantul, Minggu (28/4/2019) lalu. - Istimewa/Dinas Pariwisata DIY
03 Mei 2019 20:17 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Perwakilan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) desa wisata se-DIY berkumpul dan saling bertukar informasi dalam acara Sarasehan Forum Komunikasi (Forkom) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata se-DIY. Acara yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata (Dispar) DIY itu digelar di di Desa Wisata Wukirsari, Imogiri Bantul, Minggu (28/4/2019).

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dispar DIY, Wardoyo, mengatakan sarasehan tersebut menjadi ajang saling bertukar informasi tentang perkembangan dan permasalahan di desa wisata masing-masing. Dengan begitu, para pengelola desa wisata di DIY pun bisa saling belajar bersama.

Melalui acara yang juga dimeriahkan dengan penampilan hadrah dan tari batik yang menjadi ciri khas Desa Wisata Wukirsari tersebut, ide-ide gagasan, inisiatif, dan kreativitas ditampung untuk memajukan desa wisata yang ada di DIY. “Upaya tersebut untuk memberikan pelayanan berkualitas. Tentunya ini akan menjadi sebuah kekuatan penyangga di kawasan destinasi wisata. Rencananya mulai dari forum ini, akan menuju ke sebuah penataan desa wisata yang bertaraf go international,” kata Wardoyo melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (3/5/2019).

Pada sarasehan tersebut, dibahas bagaimana cara memajukan pariwisata di Kabupaten Kulonprogo, khususnya destinasi wisata Ayunan Langit Watu Jaran dan Geosite Ngingrong. Salah satu upaya yang dilakukan Dispar DIY adalah dengan memfasilitasi kegiatan pentas seni yang menjadi ciri khas dari wilayah tersebut.

Data terakhir tahun lalu, anggota Forkom Pokdarwis Desa Wisata yang ada di DIY sudah mencapai 115 kelompok. Adanya forum semacam ini diharapkan dapat menyatukan gagasan untuk lebih aktif dalam mengenalkan dan memajukan desa wisata,” kata Wardoyo.