STTKD Miliki Cessna 402B

Taruna-taruni STTKD berfoto bersama CEO PT Whitesky Aviation Denon Berriklinsky Prawiraatmadja berlatar belakang pesawat cessna 402B, di kampus STTKD, Jumat (3/5/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni
03 Mei 2019 23:57 WIB Uli Febriarni Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) kini memiliki pesawat cessna 402B. Pesawat merupakan hibah dari PT Whitesky Aviation yang diserahterimakan ke kampus STTKD, Bantul, Jumat (3/5/2019).

Ketua STTKD Marsda TNI.Purn.Udin Kurniadi mengungkapkan kehadiran pesawat cessna 402B telah menambah perlengkapan belajar teknik dirgantara bagi taruna-taruni di STTKD. Mereka bisa mempelajari berbagai macam pesawat dan membandingkannya, baik itu pengoperasian, perawatan, pemeliharaan dan lainnya. Dengan demikian, wawasan praktik kedirgantaraan mereka bertambah.
"Pesawat yang sudah kami punya itu memiliki satu engine, kalau cessna 402B ada dua engine," jelas dia seusai seremonial Serah Terima Hibah Pesawat Cessna C402B dari PT Whitesky Aviation, Jumat.

Udin berharap setelah mempelajari pesawat cessna 402B yang bermesin piston engine, maka taruna-taruni ke depan bisa mengambil lisensi Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) A3 dan helikopter A2, di kementerian. Apalagi, saat ini pemilik lisensi A3 masih tergolong langka.

Ia menambahkan kerja sama lain yang hendak diinisiasi adalah mengajak PT Whitesky Aviation bersama STTKD membuat sekolah penerbang helikopter. Diikuti dengan membuat wisata dirgantara dengan penerbangan menggunakan helikopter untuk masyarakat.

"Harapannya masyarakat tertarik dengan dunia penerbangan," kata dia.
CEO PT Whitesky Aviation Denon Berriklinsky Prawiraatmadja menyatakan tujuan hibah adalah agar perusahaan yang ia pimpin bisa ikut berkontribusi untuk pendidikan aviasi. Menurut dia, lewat generasi muda, PT Whitesky Aviation bisa ikut berpartisipasi bukan hanya maskapai tetapi manufaktur.

"Melalui hibah, tentu ada banyak teknologi yang bisa dipelajari. Sekarang ini kebanyakan teknologi pesawat bermigrasi ke digital. Kami juga sudah menyampaikan ke jajaran pimpinan STTKD, selain harus memberikan materi mekanik dasar dan tingkat lanjut, melalui pesawat baru ini harapannya STTKD bisa memberikan materi avionics kepada siswa, tidak lupa juga materi tentang digital," ujarnya.