Ratusan Masyarakat Antusias Ikuti Donor Darah Harian Jogja

Masyarakat dan anggota TNI mengikuti donor darah yang diselenggarakan di Kantor Harian Jogja, Sabtu (4/5/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
04 Mei 2019 16:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 11, Harian Jogja bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jogja menggelar donor darah di Kantor Harian Jogja, Sabtu (4/5/2019). Berbagai komunitas dan masyarakat terlihat antusias mengikuti kegiatan ini.

Koordinator donor darah Harian Jogja, Rima Martina, mengatakan donor darah memang sudah menjadi kegiatan rutin Harian Jogja setiap memperingati HUT. Khusus tahun ini, donor darah dilakukan sekaligus untuk menyambut bulan Ramadan, mengantisipasi stok kantong darah yang akan menipis.

Partisipasi masyarakat untuk mendonorkan darah cukup besar. Kegiatan ini berlangsung mulai jam 12.30-17.00 WIB, sampai jam 14.30 WIB, jumlah pendaftar telah mencapai sekitar 200 orang. Jumlah ini telah melebihi jumlah yang ditargetkan, yakni 150 kantong.

Rima mengatakan selain melakukan promosi secara online, pihaknya juga menggencarkan promosi melalui undangan, baik ke komunitas, instansi maupun perorangan. Masyarakat di sekitar kantor Harian Jogja, seperti Cokrodiningratan, Badran, dan lainnya. “Kita undang juga lurah, RT, RW,” katanya.

Babinsa Kelurahan Cokrodiningratan Koramil Jetis, Bondan Prabowo, yang juga mengikuti donor darah kali ini, mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan PMI Jogja setiap ada kegiatan donor darah. “Kalau ada event donor darah biasanya saya langsung dijapri [jalur pribadi] sama PMI,” katanya.

Bondan menuturkan dirinya rutin mendonorkan darah, setidaknya setiap tiga bulan sekali. Menurutnya, donor darah merupakan salah satu cara untuk saling berbagi. Ia berpesan agar masyarakat selalu memperkuat jiwa social untuk menolong sesama.

Salah satu pendonor, Maliq Hanafi Sofian, mengungkapkan ia memang suka mengikuti donor darah. Ia memperkirakan suah belasan kali ikut donor darah. Selain datang ke event donor darah, ia juga cukup sering mendonorkan darahnya dengan datang langsung ke PMI.

Menurutnya, donor darah menjadi sarana kita untuk berbagi dengan orang lain. Untuk menolong orang yang memang membutuhkan darah. Ia berharap kegiatan donor darah bisa semakin ditingkatkan. “Jadi nanti bisa lebih banyak kebermanfaatannya,” katanya.

Dalam donor darah ini, Harian Jogja menyediakan ratusan doorprize dan goodie bag untuk peserta. Sejumlah pihak yang terlibat kerja sama dalam kegiatan ini diantaranya Kodim 0734, Brigade Muda Jogja, dan beberapa komunitas lainnya.

Acara ini didukung oleh BakpiaKu, Whiz Hotel, Indomaret, Rumah Sakit Siloam, Jogja City Mall, Otogard, Horison Ultima Riss Yogyakarta, Hyundai, Hyatt Regency Yogyakarta, Pocari Sweat, Star Production, Star Jogja, New Saphir Yogyakarta, Siap Cetak, Jogja Bay, The Atrium Hotel & Resort, Royal Ambarukmo Plaza dan Grage Hotel.