Advertisement

Mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta Kunjungi Kantor Harian Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 04 Mei 2019 - 16:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta Kunjungi Kantor Harian Jogja Redaktur Harian Jogja, Maya Herawati, menerima kunjungan dari rombongan mahasiswa dan dosen Politeknik Indonusa Surakarta di Kantor Harian Jogja, Sabtu (4/5/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Mahasiswa Program Studi Komunikasi Massa Politeknik Indonusa Surakarta melakukan kunjungan ke Kantor Harian Jogja, Sabtu (4/5/2019).

Dalam kunjungan yang diterima oleh Redaktur Harian Jogja, Maya Herawati itu, mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan seputar media massa. Di antaranya perbedaan berita versi cetak dan online, bisnis media massa, sampai penulisan berita.

Advertisement

Dosen pembimbing mahasiswa yang turut mendapingi dalam kunjungan tersebut, M. Qoyim menyampaikan bahwa kunjungan ke Kantor Harian Jogja merupakan bentuk outing class.

"Kegiatan outing class ini dengan mata kuliah teknik penulisan berita. Tujuan kami outing untuk memberikan warna bagi mahasiswa di dunia jurnalistik, kalau selama ini text book, baca buku saja, maka kami sekarang datangi media," katanya, Sabtu.

Ia berharap dengan kunjungan ini mahasiswa menjadi tahu dunia kewartawanan, syarat mengolah berita hingga menjadi sajian berita yang menarik.

Selain ke kantor media massa, 27 mahasiswa tersebut sebelumnya juga mengunjungi Museum Soeharto di Sedayu, Bantul. "Dari dua objek [Kantor Harian Jogja dan Museum Soeharto] ini nanti akan diolah menjadi berita hard news dan feature. Kemudian mahasiswa akan mempresentasikan hasil karyanya," lanjut Qoyim.

Sementara Maya Herawati berpesan, untuk menjadi wartawan, seseorang harus mulai menyukai budaya membaca. Sebab, dengan banyak membaca dapat membantu penulis memilih perspektif. 

"Belajar perspektif caranya dengan banyak membaca. Akhir-akhir ini internet sangat semrawut jadi kembalilah ke buku. Bacalah buku," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement