UMY Beri Penghargaan Alumni yang Berkontribusi di Masyarakat

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto memberikan penghargaan kepada alumni UMY. - Ist/Humas UMY.
04 Mei 2019 10:37 WIB Sunartono Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan penghargaan bagi alumninya yang berhasil memberi perubahan yang baik untuk lingkungan sekitarnya. Ajang tahunan pemberian penghargaan ini bernama Alumni Award yang digelar, Jumat (3/5/2019) malam.

Di usianya 38 tahun UMY telah menghasilkan lulusan sebanyak 48.597 orang yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia bahkan dunia. Puluhan ribu alumni itu memiliki berbagai kontribusi yang berguna bagi masyarakat bahkan bangsa ini. Untuk itu, UMY

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Hilman Latief menjelaskan Alumni Award sengaja dihelat untuk mempererat hubungan antara kampus dengan alumni. Selain itu memberikan penghargaan bahwa kontribusi yang diakukan alumni secara tidak langsung mengharumkan nama UMY. Tujuan lain, sekaligus ingin memberikan inspirasi kepada para mahasiswa aktif dengan melihat perjuangan dan hasil yang telah dilakukan oleh alumninya.

“Selain ituh untuk mendorong berbagai prodi untuk melakukan deteksi terhadap alumninya yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia,” terang dia dalam rilisnya, Sabtu (4/5/2019).

Hilman Latief menambahkan, menjalin komunikasi yang baik antara pihak kampus dengan alumni itu sendiri memberikan dampak yang sangat baik dalam berbagai hal, salah satunya memberikan semangat bagi mahasiswa untuk menekuni minat yang dimilikinya. Kondisi ini juga menjadi salah satu indikator sebagai perguruan tinggi yang baik. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi dunia yang selalu menjalin komunikasi dengan para alumninya dan memberikan penghargaan atas kontribusinya di masyarakat.

“Mereka telah terjun ke masyarakat dengan bergam kemampuan yang dimiliki, ada yang menjadi politisi, aktivis lingkungan, pendakwah, sutradara dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi lecutan bagi para mahasiswa untuk semangat belajar dari orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Sehingga mereka bisa bercita-cita untuk menjadi seperti alumninya, bahkan lebih,” imbuh Hilman.

Sejumlah alumni yang mendapatkan penghargaan antara lain. Falahuddinyang kini menjadi  akademisi dan aktivis Muhammadiyah di Nusa Tenggara Barat, sutradara film, Yuda Kurniawan, Direktur PT Wahana Arta Mas, Muhammad Akbar serta aktivis lingkungan, Bintari Wuryaningsih. Selain itu ada pengusaha, Erwin Yuniati, birokrat dan aktivis lingkungan, Aready, birokrat dan pelaku penyiaran, Lukmanawati Rahayu dan narasi penerima outstanding Alumni Awards adalah diplomat, Lalu Muhamad Iqbal.