Universitas Alma Ata Gelar Workshop Penulisan Ilmiah di MA Nurul Ummah

Alma Ata menggelar penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Ilmiah Nasional dan Pelatihan Aplikasi Mendeley di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta pada Sabtu (4/5/2019). - Harian Jogja/Istimewa
04 Mei 2019 18:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Komputer (FKOM) Universitas Alma Ata Yogyakarta mengadakan workshop Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Ilmiah Nasional dan Pelatihan Aplikasi Mendeley di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta pada Sabtu (4/5/2019). Kegiatan akan digelar kurang lebih sampai enam bulan ke depan.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru di MA Nurul Ummah, merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti).

Program ini dilatarbelakangi oleh masih sedikitnya publikasi ilmiah dari guru-guru di Madrasah, padahal potensi dan bahan untuk menulis karya ilmiah di sekolah cukup besar dan memadai. Hal ini menjadi keprihatinan dari pihak sekolah sehingga pihak sekolah meminta perguruan tinggi untuk mengadakan workshop penulisan karya ilmiah yang terpublikasi di Jurnal Ilmiah terkareditasi.

Ahmad Anis Abdullah, M.Sc mewakili Tim PKM Universitas Alma Ata dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru di MA Nurul Ummah dalam menulis di Jurnal Ilmiah Nasional. Workshop ini akan ditindaklanjuti dengan pendampingan sehingga diharapkan guru berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya dalam jurnal ilmiah nasional.

Muhammad Baihaqi selaku Kepala Madrasah Aliyah Nurul Ummah, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Universitas Alma Ata yang telah menjadikan MA Nurul Ummah sebagai pilot project dalam kegiatan ini.

"Saya berharap guru-guru bisa mengikuti kegiatan ini sehingga bisa meningkatkan kemampuan dan berguna bagi akreditasi sekolah yang akan dilakukan dalam waktu dekat," katanya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Sabtu (4/5/2019). 

Dalam pemaparan materi, Rino Richardo menekankan pentingnya penulisan karya ilmiah bagi guru, baik untuk meningkatkan kemampuan maupun dalam meningkatkan jabatan fungsional. Selanjutnya beliau juga menyampaikan sebelum melakukan penulisan karya ilmiah sangat penting dalam memilih jurnal yang akan dituju untuk mengetahui gaya selingkung masing-masing jurnal. Hal ini dikarenakan daya selingkung masing-masing jurnal berbeda-beda.

Pada pertemuan selanjutnya akan dilanjutkan dengan pelatihan aplikasi mendeley yang akan disampaikan Tri Rochmadi,. Aplikasi Mendeley merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk membantu dalam pengelolaan referensi dalam penulisan karya ilmiah sehingga penulisan sitasi maupun daftar pustaka akan lebih mudah, rapi dan terstruktur.