Advertisement

Kereta Bandara Mulai Beroperasi Layani Penumpang YIA

Kusnul Isti Qomah
Senin, 06 Mei 2019 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Kereta Bandara Mulai Beroperasi Layani Penumpang YIA KA Bandara ketika menunggu penumpang di Stasiun Wojo, Senin (6/5/2019)./Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kereta Api Bandara mulai beroperasi, Senin (6/5/2019) berbarengan dengan operasional Yogyakarta International Airport (YIA).

EVP PT KAI Daop 6 Eko Purwanto mengatakan KA Bandara sudah disiapkan baik dari sisi sarana maupun prasarana. Titik awal pemberangkatan KA Bandara berasal dari Stasiun Maguwo dan akan berhenti di Stasiun Tugu, Wates, dan terakhir di Wojo.

Advertisement

"Hari ini, tanggal 6 ada penerbangan Citilink. Kami mengikuti jadwal penerbangan itu," ujar dia kepada wartawan, Senin (6/5/2019).

Eko menjelaskan KA Bandara dioperasionalkan dengan satu trainset. Ada empat gerbong dalam satu rangkaian tersebut seperti Solo Ekspres. KA Bandara ini merupakan KA dedicated khusus untuk penumpang pesawat. Namun, karena berhenti juga di Wates, tidak menutup kemungkinan penumpang reguler bisa memanfaatkan KA tersebut. Adapun waktu tempuh dari Maguwo hingga Wojo sekitar 45 menit, sedangkan dari Tugu ke Wojo sekitar 30 menit.

Lantaran baru ada satu penerbangan, rangkaian KA yang ada sekarang dirasa cukup. KA Bandara akan tiba di Stasiun Wojo 1,5 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat sehingga masih bisa mengakomodasi waktu penumpang untuk mengikuti penerbangan. Ketika penumpang pesawat turun pun, KA Bandara sudah tersedia di stasiun sehingga penumpang merasa nyaman.

"KA Bandara akan datang dan berangkat dari peron satu di Stasiun Tugu. Ada ruang tunggu khusus di setiap stasiun berhenti. Di dalam ruang tunggu ada tempat duduk, AC, toilet, dan TV untuk menampilkan jadwal penerbangan," jelas dia.

Ketika penumpang pesawat sampai di stasiun dan memesan tiket, akan ada kode khusus. Petugas akan mengarahkan ke ruang tunggu khusus penumpang pesawat. Untuk pintu masuk masih menggunakan gate reguler. "Untuk hari ini pembelian masih go show. Tetapi ke depan bisa membeli secara online. Saya harap ke depan ada tiket bundling dengan DAMRI, jadi penumpang tidak perlu repot," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement