Camat Kretek Usulkan Penambahan Jam Petugas TPR Masuk Pantai

Kolam renang di Laguna Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul,Sabtu (30/6). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
08 Mei 2019 09:47 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST 16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL – Guna menghindari banyaknya perpindahan pengunjung hiburan malam dari Jogja menuju Bantul, Camat Kretek, Bantul, Cahya Widada mengusulkan bahwa Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) di kawasan pantai harus dijaga dari pagi hingga malam hari.

“Pengunjung hiburan malam itu akan tetap ada kalau dibiarkan saja, nanti dari kota [Jogja] kan pasti ditutup, setelah itu mereka pasti cari alternatif lain, yaitu menuju ke kawasan pantai. Nanti kalau TPR-nya dijaga khususnya di malam hari pasti mereka agak sungkan untuk masuk kawasan pantai,” kata Cahya disela-sela Rakor Pemkab, Senin (6/5/2019).

Menurut Cahya dari pengalaman-pengalaman sebelumnya banyaknya pengunjung hiburan malam di kawasan pantai adalah sepinya TPR yang tidak dijaga oleh petugas.

”Pengalaman sebelumnya, banyak pengunjung yang datang ya gara-gara sepinya TPR, kemungkinan besar kalau dijaga pasti mereka merasa sungkan dan putar balik lagi,” katanya.

Selain itu menurut Camat Kretek tersebut jika TPR dijaga oleh petugas maka bunyi ledakan dari petasan bisa diminimalisir, khususnya pada hari libur sekolah.

Menanggapi hal tersebut Sekertaris Daerah Bantul, Helmi Jamharis menjawab bahwa pihaknya akan menindak lanjuti usulan tersebut secara cepat, sehingga Bantul menjalani bulan Ramadan dengan tenang dan damai.

“Untuk usulan itu akan kami tindaklanjuti setelah rapat ini, kami akan koordinasikan dengan Dinas Pariwisata untuk meminta tambahan petugas TPR di malam hari. Soalnya usulan ini juga masih berhubungan dengan penjadwalan tugas TPR yang sudah dibuat oleh Dinas Pariwisata. Tapi secepatnya usulan itu akan kami realisasikan,” kata Helmi.