Asyik, Tahun Depan Ada Insentif untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Bantul

Ilustrasi Bhabinkamtibmas. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
10 Mei 2019 16:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul bakal memberikan insentif atau honor untuk semua bintara pembina desa (babinsa) dan bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) pada tahun depan. Anggaran yang dipersiapkan untuk babinsa dan babinkamtibmas dalam skema APBD 2020 sekitar Rp405 juta.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bantul, Isa Budi Hartomo membenarkan soal rencana pemberian insentif babinsa dan babinkamtibmas tersebut. Namun ia tidak hafal rincian anggaran insentif itu diperuntukkan bagi berapa orang dan berapa nominalnya per masing-masing orang.

Namun yang pasti insentif tersebut, kata dia, sudah sesuai aspirasi kepala desa bahwa tugas babinsa dan babinkamtibmas yang ditugaskan di desa-desa susah tidak diragukan lagi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di desa. Selain itu kedua bintara dari TNI dan Polri itu juga paling depan setiap ada kerja bakti.

"Jadi bukan gaji ya istilahnya. Insentif diberikan saat ada kegiatan misalnya kerja bakti, tugas pengawasan, dan kegiatan dalam rangka mendukung Bantul Bersih [Sampah]. Karena itu insentif babinsa dan bhabinkamtibmas akan diberikan melalui Dinas Lingkungan Hidup [DLH]," kata Isa, Jumat (10/5/2019).

Kepala DLH Bantul, Ari Budi Nugroho menambahkan dalam rangka mendukung Bantul Bersih Sampah, diperlukan dukungan dan peran dari berbagai pihak karena di wilayah Bantul masih dijumpai pengelolaan sampah yang tidak semestinya. Belum lagi masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Sedangkan sumber daya manusia di DLH, kata Ari, sangat terbatas. "Maka diperlukan sumber daya lain, salah satunya babinsa dan bhabinkamtibmas," kata Ari.

Ari berujar babinsa dan bhabinkamtibmas nantinya akan disinergikan dengan DLH dalam rangka edukasi dan pengawasan pengelolaan persampahan di level desa. "Insentif diberikan kepada babinsa dan bhabinkamtibmas sebagai reward atas peran tersebut, " ucap Ari.