Buruh Tak Dapat THR, Silakan Lapor Posko Disnakertrans

Ilustrasi THR. - JIBI
10 Mei 2019 09:07 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo membuka posko pengaduan tunjangan hari raya (THR). Pekerja yang tidak mendapatkan hak THR ataupun keterlambatan pemberian THR bisa melaporkan ke posko.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans Kulonprogo Arbingah Kartiningrum menuturkan sebelum mulai pengawasan terkait dengan kewajiban perusahaan memberikan THR, instansinya terlebih dahulu memberikan sosialisasi.

“Sosialisasi dengan mengundang perusahaan sekaligus mengingatkan kewajibannya membayarkan hak pekerja dan buruh. Perlu dipenuhi kewajiban memberikan kesejahteraan melalui THR,” paparnya, Kamis (9/5/2019).

Berdasarkan evaluasi di tahun lalu, pada tahun ini jajarannya akan lebih sering lagi untuk menggelar pemantauan pada tiap perusahaan. Di tahun ini juga Disnakertrans sudah membuat posko pengaduan THR. Apabila dari pekerja tidak mendapatkan haknya memperoleh THR, maka bisa diadukan untuk ditindaklanjuti.

Kepala Seksi Hubungan Industrial Disnakertrans Kulonprogo Hardianus Widiharyoko mengungkapkan posko aduan THR itu nantinya dibuka di Jalan Sugiman No.03, Wates. Posko tersebut sudah buka dari awal puasa sampai 31 Mei mendatang.

Fungsi Posko THR untuk melaporkan jika terjadi permasalahan terkait THR. Disnakertrans turut membuka pengaduan lewat nomor telepon untuk memudahkan pelaporan.

Setelah ada aduan dari pekerja seputar THR, Disnakertrans akan menindaklanjuti aduan. Apabila
terbukti ada permasalahan maka perusahaan diberi kesempatan menyelesaikannya. “Kalau mediasi tidak membuahkan hasil, akan dilaporkan ke pegawai pengawas ketenagakerjaan untuk menindaklanjutinya,” ujar Hardianus.

Mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.6/2016 tentang THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, setiap perusahaan mempunyai kewajiban dalam memberikan THR pada pekerja, setidaknya harus diberikan satu pekan sebelum hari raya Idulfitri.