Advertisement

Siswa DIY Ditawari Kuliah ke Tiongkok

Bhekti Suryani
Minggu, 12 Mei 2019 - 05:17 WIB
Bhekti Suryani
Siswa DIY Ditawari Kuliah ke Tiongkok Salah satu pembicara memaparkan peluang beasiswa bagi siswa DIY yang ingin kuliah ke Tiongkok di MAN 3 Sleman, Kamis (8/5/2019) lalu. - Ist/MAN 3 Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Sejumlah perguruan tinggi di Tiongkok menawarkan beasiswa bagi siswa DIY yang ingin kuliah ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Di DIY, presentasi mengenai kesempatan mengikuti beasiswa dilakukan di MAN 3 Sleman.

Presentasi yang digelar pada Kamis (8/5/2019) lalu itu selain diikuti siswa kelas XII juga dihadiri langsung dosen di salah satu perguruan tinggi di Tiongkok yang menawarkan beasiswa serta Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sleman, Sudiyo.

Advertisement

Sejumlah perguruan tinggi di Tiongkok yang membuka beasiswa untuk calon mahasiswa dari Indonesia antara lain Jiangsu Food & Pharmaceutical Science College (JFPC) dan Jiangsu Vocational College of Medicine (JSMC).

“Di Jiangsu ada 41 program studi, terdiri dari 10.000 mahasiswa, 200 merupakan mahasiswa internasional, 40 mahasiswa dari Indonesia,” kata Chang, salah satu dosen saat presentasi, seperti disampaikan melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (11/5/2019).

Selain belajar ilmu sesuai jurusan, mahasiswa asing diberi kesempatan belajar bahasa Mandarin dan budaya Tiongkok. Bagi yang lolos beasiswa diberi fasilitas asrama, dosen terbaik, serta peluang kerja.

Pada presentasi kali ini guru Bahasa Inggris dari MAN 3 Sleman, Ami Zaenal dan Herin dari MAN 4 Bantul didapuk sebagai pemandu acara. Acara ini diikuti siswa kelas XII yang tertarik kuliah di Tiongkok serta anggota Mayoga English Club (MEC).

Hadir pula Ayun, alumnus D3 UGM yang mengambil beasiswa S1 di Tiongkok yang bertugas sebagai penerjemah sekaligus menyampaikan testimoni pengalamannya kuliah di luar negeri.

Menurutnya jika ada tamu dari luar negeri bisa digunakan sebagai ajang latihan berbahasa asing untuk siswa sekolah atau madrasah. Adapun tes seleksi mahasiswa yang tertarik kuliah di Tiongkok, diselenggarakan di MAN 3 Sleman Sabtu kemarin.

Adapun rangkaian acara tersebut, setelah presentasi dan tanya jawab, dilanjutkan kunjungan ke perpustakaan Mayoga yang pernah meraih juara perpustakaan terbaik nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement