Siswa DIY Ditawari Kuliah ke Tiongkok

Salah satu pembicara memaparkan peluang beasiswa bagi siswa DIY yang ingin kuliah ke Tiongkok di MAN 3 Sleman, Kamis (8/5/2019) lalu. - Ist/MAN 3 Sleman
12 Mei 2019 05:17 WIB Bhekti Suryani Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Sejumlah perguruan tinggi di Tiongkok menawarkan beasiswa bagi siswa DIY yang ingin kuliah ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Di DIY, presentasi mengenai kesempatan mengikuti beasiswa dilakukan di MAN 3 Sleman.

Presentasi yang digelar pada Kamis (8/5/2019) lalu itu selain diikuti siswa kelas XII juga dihadiri langsung dosen di salah satu perguruan tinggi di Tiongkok yang menawarkan beasiswa serta Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sleman, Sudiyo.

Sejumlah perguruan tinggi di Tiongkok yang membuka beasiswa untuk calon mahasiswa dari Indonesia antara lain Jiangsu Food & Pharmaceutical Science College (JFPC) dan Jiangsu Vocational College of Medicine (JSMC).

“Di Jiangsu ada 41 program studi, terdiri dari 10.000 mahasiswa, 200 merupakan mahasiswa internasional, 40 mahasiswa dari Indonesia,” kata Chang, salah satu dosen saat presentasi, seperti disampaikan melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (11/5/2019).

Selain belajar ilmu sesuai jurusan, mahasiswa asing diberi kesempatan belajar bahasa Mandarin dan budaya Tiongkok. Bagi yang lolos beasiswa diberi fasilitas asrama, dosen terbaik, serta peluang kerja.

Pada presentasi kali ini guru Bahasa Inggris dari MAN 3 Sleman, Ami Zaenal dan Herin dari MAN 4 Bantul didapuk sebagai pemandu acara. Acara ini diikuti siswa kelas XII yang tertarik kuliah di Tiongkok serta anggota Mayoga English Club (MEC).

Hadir pula Ayun, alumnus D3 UGM yang mengambil beasiswa S1 di Tiongkok yang bertugas sebagai penerjemah sekaligus menyampaikan testimoni pengalamannya kuliah di luar negeri.

Menurutnya jika ada tamu dari luar negeri bisa digunakan sebagai ajang latihan berbahasa asing untuk siswa sekolah atau madrasah. Adapun tes seleksi mahasiswa yang tertarik kuliah di Tiongkok, diselenggarakan di MAN 3 Sleman Sabtu kemarin.

Adapun rangkaian acara tersebut, setelah presentasi dan tanya jawab, dilanjutkan kunjungan ke perpustakaan Mayoga yang pernah meraih juara perpustakaan terbaik nasional.