Advertisement

Ini Daftar Lengkap Perolehan Kursi DPRD DIY di Tiap Parpol

Abdul Hamied Razak
Senin, 13 Mei 2019 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini Daftar Lengkap Perolehan Kursi DPRD DIY di Tiap Parpol Ilustrasi DPRD

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Perolehan kursi DPRD DIY hasil Pemilu 2019 sudah bisa dipastikan, menyusul selesainya proses rekapitulasi suara oleh KPU DIY.

Sejumlah partai ada yang mendapat tambahan kursi di DPRD DIY ada yang justru berkurang.

Advertisement

Jumlah suara PDI-P untuk DPRD DIY pada Pemilu 2019 mampu meraih 17 kursi. Dari raihan tersebut, sejumlah nama baru dipastikan menjadi anggota DPRD DIY 2019-2024 seperti Imam Priyono (mantan wawali Jogja), Novida Kartika Hadhi, Yuni Satia Rahayu (mantan wakil bupati Sleman), Rita Nur Mastuti, Wahyu Pradana Ade Putra, Bambang Setyo Martono dan Sutemas Waluyanto. Sebagian memang mantan anggota DPRD di tingkat kabupaten yang mampu melaju ke tingkat provinsi.

"Target kursi kami dinaikkan dari sebelumnya 14 kursi menjadi 17 kursi. Sudah terpenuhi. Ini dikarenakan banyak caleg yang kami usung mampu meraih suara maksimal," kata Ketua DPW Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DIY, Bambang Praswanto, Senin (13/5/2019).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasdem DIY Tommy Nursamsu mengatakan perolehan kursi NasDem untuk DPRD DIY tidak jauh berbeda dengan Pemilu 2014. Nasdem hanya meraih tiga kursi. Bedanya Pemilu 2014, dua kursi dari Sleman dan satu kursi dari Gunungkidul, Pemilu 2019 dua kursi dadi Gunungkidul dan satu kursi dari Sleman. 

Kondisi berbeda justru mencolok di kursi DPRD Kota Jogja dari sebelumnya hanya ditarget satu kursi justru mendapatkan empat kursi. "Ini tidak lepas dari konsep dasarnya Bersatu Berjuang Menang. Ada kebersamaan para Caleg untuk membawa Nasdem menjadi lebih baik. Meskipun dalam praktiknya banyak tantangan dan rintangan," kata Tommy.

Tuah Pemilu 2019 juga menyasar PKS. Suara PKS di DIY mampu menambah satu kursi dari enam ke tujuh kursi. Tambahan satu kursi Pemilu 2019 PKS berasal dari Dapil Bantul Barat. Selain Muh Syafii, yang merupakan wajah baru adalah Amir Syarifudin, Sofyan Setyo Darmawan dan Imam Taufik. "Untuk DPRD DIY, kursi kami juga naik dari sebelumnya enam menjadi tujuh kursi. Semua dapil kami dapat kursi," kata Ketua DPW PKS M Darul Falah.

Berikut data raihan kursi DPRD DIY oleh sejumlah partai. 

Perolehan Kursi DPRD DIY Periode 2014-2019 :

PDI-P: 14 kursi.

PAN: 8 kursi 

Golkar: 8 kursi

Gerindra: 7 kursi

PKS: 6 kursi

PKB 5 kursi

PPP: 3 kursi

Demokrat: 2 kursi

Nasdem: 2 kursi.

Perolehan Kursi DPRD DIY Periode 2019-2024

PDI-P: 17 kursi.

PAN: 7 kursi 

Golkar: 5 kursi

Gerindra: 7 kursi

PKS: 7 kursi

PKB 7 kursi

PPP: 1 kursi

Demokrat: 1 kursi

Nasdem: 3 kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement