Rotary Club of Yogyakarta Malioboro & PMI DIY Bersinergi

Presiden Rotary Club of Yogyakarta Malioboro 2018-2019, Etti Widia Astuti (kanan) secara simbolis menyerahkan gambar mobil ambulans Toyota Hiace Commuter kepada Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X (dua kanan) yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua PMI DIY di Grand Aston Yogyakarta, Selasa (14/5)./ Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
16 Mei 2019 06:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Rotary Club of Yogyakarta Malioboro dan Palang Merah Indonesia (PMI) DIY bekerja sama meningkatkan akses masyarakat pada layanan kesehatan dengan pengadaan sebuah mobil ambulans Toyota Hiace Commuter.

Ambulans emergency premium tersebut diserahkan oleh Presiden Rotary Club of Yogyakarta Malioboro 2018-2019, Etti Widia Astuti kepada Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua PMI DIY di Grand Aston Yogyakarta, Selasa (14/5).

Etti mengatakan sangat senang dapat membantu dalam pengadaan mobil ambulans. Dana untuk membantu pengadaan tersebut didapat dari para donatur.

“Senang dan bahagia dapat membantu pengadaan mobil Ambulans PMI DIY guna meningkatkan pelayanan, kepada masyarakat yang membutuhkan. Ini juga sebagai momen peringatan Ulangtahun ke-26 Rotary Club of Yogyakarta Malioboro,” ucap Etti.

KGPAA Paku Alam X mengharapkan di usia ke-26 Rotary Club of Yogyakarta Malioboro menjadi komunitas yang migunani berlandaskan pada kebersamaan dan keyakinan hidup harus bermanfaat bagi sesama. Ia juga berharap ambulans yang lahir dari nilai kepedulian itu diharapkan lebih bermanfaat.

“Rotary Club of Yogyakarta Malioboro telah dengan nyata mewarnai kehidupan masyarakat dengan prinsip urip iku urup dan hamemayu hayuning bawana,” ucapnya.

Ambulans yang hadir diharapkan memberi faedah besar. PMI sebagai lembaga pengelola diyakini akan dapat mengoptinalkan dengan tepat dan efisien, serta diperkuat sumberdaya yang profesional dan cakap.

“Agar nantinya memberi manfaat yang besar kepada masyarakat dengan prinsip kesetraan dan kesukarelaan. Semoga kerjasama ini dapat terus berjalan dimasa-masa mendatang,” katanya.

 

Terus Bersinergi

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo menyambut baik adanya kerja sama dengan Rotary Club of Yogyakarta Malioboro itu. “Mobil ambulans emergency premium ini akan melayani masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan di DIY sesuai dengan tugas PMI yang termaktub dalam Undang-Undang No.1/2018 tentang Kepalangmerahan,” tutur GBPH H Prabukusumo.

Gusti Prabu menambahkan pelayanan PMI diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan tanpa membeda-bedakan kebangsaan, ras, agama, kelas sosial atau pendapat politik. PMI berupaya untuk meringankan penderitaan individu, yang semata-mata berdasarkan kebutuhan mereka, dan memberikan prioritas pada kasus-kasus penderitaan yang paling mendesak.

“PMI DIY akan menyiagakan pelayanan ambulans gawat darurat yang profesional dan berkualitas 24 jam setiap hari untuk masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi Rotary Club of Yogyakarta Malioboro. Kami berharap dapat terus bersinergi dalam mewujudkan program-program sosial kemanusiaan di DIY,” jelas Gusti Prabu.

Mobil ambulans yang akan dioperasionalkan oleh PMI DIY ini senilai Rp530,940 juta dengan rincian Rotary Club of Yogyakarta Malioboro sebesar Rp265,470 juta dan PMI DIY sebanyak Rp265,470 juta.