Advertisement

Lagi, Petugas Temukan Produk Kedaluwarsa

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 17 Mei 2019 - 09:02 WIB
Sunartono
Lagi, Petugas Temukan Produk Kedaluwarsa Sejumlah petugas gabungan mengecek produk-produk yang diduga kedaluwarsa di salah satu kios di Pasar Plono, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kamis (16/5/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.

Advertisement

Harianjogja.com, SAMIGALUH--Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama jajaran instansi terkait di pemerintahan Kulonprogo kembali menemukan puluhan makanan kedaluwarsa saat melakukan razia makanan di pasar tradisional. Tim gabungan kali ini mendapati makanan tak layak konsumsi di Pasar Plono, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kamis (16/5/2019).

Sedikitnya 40 produk makanan/minuman ditemukan tim gabungan dalam kondisi kedaluwarsa. Jika dihitung dalam bentuk kemasan, jumlahnya mencapai ratusan bungkus. Selain produk makanan kedaluwarsa, ditemukan pula bumbu siap saji, sabun, shampo dan bedak bayi dalam kondisi kemasan telah rusak.

Advertisement

Kasi Penyidikan dan Penindakan Satpol PP Kulon Progo, Qumarul Hadi, mengatakan sebagian produk kedaluwarsa dan rusak disita pihaknya. Sisanya diretur oleh penjual, tapi terlebih dulu ditandai agar tidak dijual kembali. "Kami sita yang sudah lama, kalau masih baru tapi sudah rusak itu bisa diretur penjual," ujarnya, Kamis (16/5/2019). 

Jika pada razia pasar sebelumnya ditemukan makanan berformalin, kali ini Qomarul memastikan pihaknya tidak mendapati hal itu. "Kami sudah cek ke penjual ayam dan ikan asin, tapi semuanya bersih," ucapnya.

Adapun penjual yang kedapatan menjajakan produk kedaluwarsa diminta untuk menandatangani pernyataan tidak menjajakan barang serupa. Petugas juga mengimbau agar pedagang lebih teliti memilih produk untuk dijual.

Salah satu karyawan kios yang barangnya disita petuga gabungan, Suwarti mengaku kerap mengecek produk yang dijualnya. Meski demikian, terdapat barang yang kelewat karena keterbatasan jumlah pegawai. "Karena cuma ada dua karyawan, jadi ada yang lupa," ujarnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement