Lagi, Petugas Temukan Produk Kedaluwarsa

Sejumlah petugas gabungan mengecek produk-produk yang diduga kedaluwarsa di salah satu kios di Pasar Plono, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kamis (16/5/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
17 Mei 2019 09:02 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, SAMIGALUH--Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama jajaran instansi terkait di pemerintahan Kulonprogo kembali menemukan puluhan makanan kedaluwarsa saat melakukan razia makanan di pasar tradisional. Tim gabungan kali ini mendapati makanan tak layak konsumsi di Pasar Plono, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kamis (16/5/2019).

Sedikitnya 40 produk makanan/minuman ditemukan tim gabungan dalam kondisi kedaluwarsa. Jika dihitung dalam bentuk kemasan, jumlahnya mencapai ratusan bungkus. Selain produk makanan kedaluwarsa, ditemukan pula bumbu siap saji, sabun, shampo dan bedak bayi dalam kondisi kemasan telah rusak.

Kasi Penyidikan dan Penindakan Satpol PP Kulon Progo, Qumarul Hadi, mengatakan sebagian produk kedaluwarsa dan rusak disita pihaknya. Sisanya diretur oleh penjual, tapi terlebih dulu ditandai agar tidak dijual kembali. "Kami sita yang sudah lama, kalau masih baru tapi sudah rusak itu bisa diretur penjual," ujarnya, Kamis (16/5/2019). 

Jika pada razia pasar sebelumnya ditemukan makanan berformalin, kali ini Qomarul memastikan pihaknya tidak mendapati hal itu. "Kami sudah cek ke penjual ayam dan ikan asin, tapi semuanya bersih," ucapnya.

Adapun penjual yang kedapatan menjajakan produk kedaluwarsa diminta untuk menandatangani pernyataan tidak menjajakan barang serupa. Petugas juga mengimbau agar pedagang lebih teliti memilih produk untuk dijual.

Salah satu karyawan kios yang barangnya disita petuga gabungan, Suwarti mengaku kerap mengecek produk yang dijualnya. Meski demikian, terdapat barang yang kelewat karena keterbatasan jumlah pegawai. "Karena cuma ada dua karyawan, jadi ada yang lupa," ujarnya.