Gempa Terasa di DIY, Warga Berhamburan

Ilustrasi. - Antara Foto
18 Mei 2019 09:42 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 SR mengguncang tenggara Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2019). Gempa terjadi sekitar pukul 08.51 WIB.

Gempa dirasakan di sejumlah daerah, salah satunya DIY.

Sunartono, misalnya. Warga Sorowajan Baru, Banguntapan, Bantul tersebut merasakan goncangan gempa saat ia sedang bersantai di rumahnya.

"Saya sedang nonton YouTube sambil sandaran tembok kerasa goyang-goyang. Saya kira hanya perasaan saya yang oleng, ternyata kok gempa," katanya, Sabtu.

Ujang Hasanudin yang tinggal di Bogoran, Trirenggo, Bantul juga merasakan goncangan gempa tersebut. "Warga Bogoran langsung pada berhamburan keluar rumah," katanya. 

Sementara, Kusnul Isti Qomah, warga Blora yang indekos di daerah Demangan, Depok, Sleman tidak merasakan guncangan gempa tersebut. Sama halnya dengan Nuryanto warga Bimomartani, Ngemplak, Sleman. 

"Dari jam 8.30 WIB tadi saya masih tiduran di kamar sambil main handphone. Juga enggak ngrasa apa-apa," tutur Nuryanto.

Berdasarkan informasi yang diunggah oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di akun Twitternya, gempa terjadi di 219 kilometer (km) tenggara Pangandaran, Jawa Barat. Gempa terjadi di kedalaman 32 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.