Watugupit Punya Tempat Penyimpanan Gantole

Seorang warga menunjukkan lokasi pembangunan tempat penyimpanan gantole, Selasa (21/5/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
22 Mei 2019 23:17 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Objek wisata Watugupit di Dusun Gapuk, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, bakal memiliki tempat penyimpanan gantole.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan pembangunan tempat menyimpan peralatan gantole lantaran spot wisata Watugupit menarik dikunjungi saat sore hari. Menurutnya, pembangunan tersebut merupakan upaya meningkatkan amenitas wisatawan yang datang. "Salah satu menambah fasilitas," ujarnya, Selasa (21/5/2019).

Harry Sukmono menyatakan pembangunan tempat penyimpanan peralatan gantole dan paralayang bertujuan agar para atlet tidak kerepotan membawa peralatan serta memberi kemudahan kepada anggota komunitas yang ada. Dinpar Gunungkidul menyiapkan anggaran ratusan juta rupiah guna membangun fasilitas tersebut. "Anggarannya sekitar Rp300 juta yang bersumber dari APBD Gunungkidul," kata Harry.

Salah satu anggota kemunitas gantole Watugupit, Nugroho Tri Haryanto, menuturkan usulan untuk membangun tempat penyimpanan peralatan gantole dan paralayang berasal dari komunitas pada 2018. Ia menyebutkan jika seusai rencana pembangunan akan dimulai seusai Lebaran 2019.

Tri menjelaskan luas tanah yang bakal dibangun panjangnya sekitar 15 meter dan lebarnya enam meter. Menurutnya di Watugupit kondisinya pada malam hari masih gelap karena minimnya penerangan. "Kami sudah mengajukan ke dinas terkait dan penambahan lampu dikerjakan bersamaan dengan pembangunan tempat penyimpanan peralatan," katanya.