UNY Siap Bangun Kampus di Gunungkidul

Kampus Universitas Negeri Yogyakarta - uny.ac.id
24 Mei 2019 14:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjalin kerja sama dengan Pemkab Gunungkidul terkait dengan rencana pembangunan kampus di Bumi Handayani. Lokasi kampus rencananya dibangun di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu.

Adanya perguruan tinggi di Gunungkidul merupakan upaya pemerataan sektor pendidikan. Harapannya masyarakat dapat mengakses pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lewat program pendidikan di luar domisili.

Bupati Gunungkidul, Badingah, mengatakan dengan adanya kerja sama antara UNY dan Pemkab Gunungkidul maka menjadi kebijakan strategis bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Gunungkidul. “Kami menyambut baik program ini. Kami sudah menandatangani kerja sama,” ucap Badingah, Kamis (23/5/2019)

Dia berharap keberadaan kampus UNY di Gunungkidul dapat memberi dampak positif dan nyata bagi upaya pemberdayaan masyarakat, terutama di wilayah perdesaan dengan berbasis potensi lokal “Ini multiplier effect dan menjadi sumbangsih luar biasa dari lembaga pendidikan tinggi untuk pembangunan desa dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.