Pasar Tumpah di Bantul Tidak Boleh Menutup Jalan

Ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan
28 Mei 2019 10:37 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST 16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL – Guna mengurangi kepadatan lalu lintas ketika mudik 2019, khususnya di pasar tumpah yang lokasinya merupakan jalur nasional. Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul mengimbau kepada panitia pasar tumpah agar akses tidak ditutup.

“Aktivitas pasar tumpah akan tetap berjalan namun kami himbau kepada panitia agar tidak menurutp akses jalan. Sudah kami koordinasikan juga dengan panitia, hasilnya pedagang pasar tumpah diminta untuk membuka kios yang jaraknya dua meter dari bahu jalan,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bantul, Agus Jaka Sunarya pada Jumat (24/5/2019).

“Itu sudah disepakati sejak tahun kemarin, sehingga nanti pada lebaran tahun ini akan berjalan lancar dan saya yakin,” lanjut Agus.

Selain itu Agus menambahkan bahwa pihaknya juga menghimbau agar para panitia tidak memarkir kendaraan di bahu jalan. Semua parkir kendaraan akan diarahkan ke halaman rumah warga atau lahan parkir perkampungan.

Hal tersebut juga berlaku untuk objek wisata Bendung Kamijoro. “Kami tidak izinkan untuk wisatawan yang parkir di pinggir jalan sebelum diberi marka atau penambahan dan pelebaran,” lanjut Agus.

Agus mengatakan akan mencabut izin jika masih ada pengelola yang tidak mematuhi peraturan.