Advertisement

Dosen UMY Kenalkan Kompor Batik Listrik

Uli Febriarni
Rabu, 29 Mei 2019 - 06:47 WIB
Laila Rochmatin
Dosen UMY Kenalkan Kompor Batik Listrik Seorang warga tengah membatik. - IST/Humas UMY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dalam rangka turut berperan dalam melestarikan industri batik di Tanah Air khususnya di DIY, pada tahun ini Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)dari program studi Teknik Elektro yang diketuai Ramadoni Syahputra dengan anggota Faaris Mujaahid menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan teknologi ramah lingkungan untuk proses produksi batik.

Teknologi ramah lingkungan yang diimplementasikan di Unit Kecil dan Menengah (UKM) batik adalah kompor batik listrik otomatis. Ramadoni menjelaskan proses produksi batik selama ini masih menggunakan kompor batik dengan bahan bakar minyak.

Advertisement

“Selama ini dalam proses produksinya, UKM batik menggunakan kompor batik berbahan bakar minyak tanah. Dalam pelaksanaannya harga minyak relatif mahal dan sering sulit didapat. Selain itu asap yang dihasilkan dari kompor minyak tanah juga cukup mengganggu dan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan para perajin batik. Oleh karena itu diperlukan kompor batik yang hemat biaya produksi dan ramah lingkungan,” jelasnya, Selasa (28/5/2019).

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di UKM batik Ida Lestari yang berlokasi di Dusun Pijenan, Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak, Bantul. Desa Wijirejo telah lama dikenal sebagai sentra industri batik di Bantul. Dalam kegiatan ini UKM batik didorong untuk menggunakan kompor batik listrik otomatis dalam proses produksi batik.

Kompor listrik yang bekerja pada tegangan 220 V mengonsumsi daya maksimum 80 watt terutama pada saat awal memanaskan lilin atau biasanya disebut malan. Ramadoni juga menjelaskan perbandingan yang digunakan saat menggunakan kompor batik minyak tanah dengan kompor batik listrik.

Berdasarkan perbandingan penggunaan kompor batik minyak tanah, maka penggunaan kompor batik listrik menghasilkan penghematan yang signifikan. Sebagai ilustrasi untuk penggunaan dua buah kompor minyak tanah dalam sehari membutuhkan satu liter minyak tanah.

Jika harga minyak tanah adalah Rp 12.000 per liter, dalam sebulan dibutuhkan biaya bahan bakar sebesar Rp375.000. Dapat dibandingkan jika menggunakan dua kompor listrik masing-masing 80 watt yang menggunakan listrik PLN dalam produksinya, maka dalam satu bulan dapat menghemat biaya produksi sangat signifikan, karena biaya produksi yang dibutuhkan hanya berkisar 15% dari biaya produksi menggunakan kompor minyak tanah.

Keunggulan kompor batik listrik selain hemat dan ramah lingkungan adalah kompor batik listrik juga lebih aman dari bahaya kebakaran serta lebih aman dari kelangkaan bahan bakar.

“Namun demikian tantangan yang dihadapi UKM dalam mengaplikasikan kompor batik listrik adalah biaya investasi yang relatif mahal serta dibutuhkan keterampilan dalam perawatan kompor batik listrik sehingga dapat dipergunakan dalam jangka waktu lama,” kata Ramadoni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement