Kecamatan Gedangsari Kini Punya Koramil

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi (tengah) menggunting pita sebagai tanda peresmian Koramil 14/Gedangsari, Rabu (29/5/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
30 Mei 2019 21:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kecamatan Gedangsari akhirnya memiliki markas Komando Rayon Militer (Koramil) di yang berlokasi di Dusun Serut, Desa Serut. Peresmian ditandai dengan pemberian nomor unit yakni Koramil 14/Gedangsari.

Sejak 1996, Kecamatan Gedangsari merupakan wilayah kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Patuk dan belum memiliki koramil. Peresmian koramil di Gedangsari dilakukan oleh Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas, Brigjen TNI Muhammad Zamroni didampingi Forkompimda Gunungkidul, Rabu (29/5/2019).

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, berterima kasih kepada Danrem 072/Pamungkas dan Kodim 0730/Gunungkidul atas pembangunan Koramil 14/Gedangsari. “Koramil 014/Gedangsari dibutuhkan karena wilayah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah,” katanya, Rabu.

Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Muhammad Zamroni, mengatakan pembangunan koramil di Kecamatan Gedangsari sebagai bentuk kedekatan TNI dengan masyarakat sekaligus agar TNI dapat mengetahui segala kejadian yang terjadi di masyarakat.

“Melalui Babinsa, anggota TNI yang ada di desa harus mengetahui kesulitan rakyat, menciptakan suasana aman, nyaman dan kondusif. Bila diperlukan, Babinsa juga harus membantu pemerintah desa,” ujar Zamroni.