Takbiran, Bupati Sleman Ajak Warga Bersatu

Bupati Sleman Sri Purnomo (pegang bendera) saat melepas lomba takbir keliling di depan mesjid Agung Sleman, Selasa (4/6/2019).-Harian Jogja - Yogi Anugrah
04 Juni 2019 22:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Bupati Sleman Sri Purnomo mengajak seluruh warganya untuk bersatu dalam pelaksanaan lomba takbir keliling memperebutkan Piala Bupati Sleman, Selasa (4/6/2019).

Dalam sambutannya, ia berpesan agar masyakarat tidak menyalakan mercon saat pelaksanaan takbir keliling. “Karena ini lautan manusia, hindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya, Selasa malam.

Ketua panitia lomba takbir keliling, Sutrisno, mengatakan perlombaan takbir keliling tersebut digelar khusus untuk masyarakat di Desa Tridadi, Kecamatan Sleman. Kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahunnya.

Pada tahun ini, tema yang diambil adalah membangun ukhuwah islamiyah setelah perbedaan pada pemilu lalu. Pesertanya ada 13 kontingen dari dusun-dusun di Desa Tridadi, pesertanya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Rute yang ditempuh oleh peserta takbir keliling sekitar tiga kilometer yang dimulai dari depan Masjid Agung Sleman ke Puri mataram, menuju jalan Eks PJKA hingga finish di Rumah Dinas Bupati Sleman.

Lomba takbir keliling ini memperebutkan piala Bupati Sleman dengan bahan penilaian juri yakni aksesoris dan kostum 20%, lafal takbir dan maskot 20% serta 60% penilaian berdasarkan peserta paling banyak.