Masih Ada Mobil Tak Kuat Menanjak di Kawasan Wisata Mangunan, Ini Imbauan Polisi..

Sejumlah kendaraan melintas menuju kawasan wisata Mangunan, Kamis (6/6/2019). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi.
06 Juni 2019 13:37 WIB Salsabila Annisa Azmi Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Jalur menuju kawasan wisata Mangunan terpantau ramai lancar. Kepadatan arus pemudik di kawasan wisata diprediksi terjadi pada H+3, meskipun begitu saat ini masih ditemukan kendaraan pemudik yang macet di tanjakan karena kurang persiapan.

Kasatbinmas Polres Bantul AKP Partuti Wijayanti mengatakan lancarnya arus wisata ke kawasan Mangunan disebabkan oleh pelebaran jalan Imogiri - Dlingo yang sudah dilakukan tahun ini. Partuti mengatakan jalur wisata Mangunan akan padat pada H+3 lebaran.

Meskipun saat ini arus wisata masih terpantau ramai lancar, tanjakan jalan masih tidak bisa diantisipasi oleh pemudik asal luar DIY. "Hingga siang ini sudah ditemukan tiga mobil yang mengalami overheat mesin dan macet di tanjakan, masih banyak pemudik belum siap medan dan kurang mempersiapkan kendaraan," kata Partuti, Kamis (6/5/2019).

Partuti menghimbau kepada pemudik asal luar DIY yang hendak berwisata ke kawasan Mangunan agar menggunakan gigi kecil di ruas jalan Imogiri - Dlingo. Kapasitas penumpang pada mobil juga perlu diperhatikan, sebab ada beberapa mobil yang macet karena kelebihan kapasitas penumpang dan tidak kuat melewati tanjakan.

"Selain itu, pemudik yang membawa muatan banyak dihimbau tidak melewati jalur Cinomati," kata Partuti.