Advertisement

Titik Nol Km Ramai Wisatawan, Jalan Sekitar Buka-Tutup

Lugas Subarkah
Minggu, 09 Juni 2019 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Titik Nol Km Ramai Wisatawan, Jalan Sekitar Buka-Tutup Kawsan Titik Nol Kilometer dipenuhi wisatawan beberapa waktu lalu - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAS--Setiap momen liburan, bisa dipastikan kawasan Malioboro dipadati wisatawan. Untuk mengantisipasi kemacetan parah, polisi memberlakukan sistem buka-tutup di ruas-ruas jalan sekitar titik Nol Km.

Kepala Pos Pengamanan Pos Besar, Iptu Buang Tanto, mengatakan kepada Harianjogja.com, Sabtu (8/6/2019), ramainya wilayah sekitar Titik Nol Km bukan kendaraan pemudik, melainkan wisatawan.

Advertisement

"Mayoritas wisatawan kalau di sekitar sini," katanya.

Selain Malioboro itu sendiri, di sekitarnya juga terdapat sejumlah tempat wisata yang mengundang kedatangan wisatawan, seperti Beringharjo, Taman Pintar, Kraton dan lainnya.

Maka tak heran jika sejumlah ruas jalan di sekitar Malioboro pasti macet. Sebab itu pihaknya memberlakukan sistem buka-tutup, diantaranya di simpang empat Gondomanan dan Simpang Tiga PKU.

"Kalau sudah terlihat macet, jalan dari barat atau timur akan kami tutup untuk sementara," kata dia.

Berdasarkan pantauan harianjogja.com, kemacetan parah juga sering terjadi di Jalan Suryotomo sisi barat dan Jalan Jagalan, sebelah timur simpang empat Gondomanan.

Di Jagalan, kemacetan bahkan sampai mengunci jalan karena banyaknya mobil parkir di bahu jalan. Akibatnya banyak kendaraan yang sudah masuk terjebak dan harus menunggu lama.

Karena Jalan Jagalan adalah jalan kecil, tidak ada polisi yang mengatur di situ. Hanya terlijat beberapa warga berusaha mengarahkan kendaraan yang lewat atau malah menutup jalan dari sisi selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement