Titik Nol Km Ramai Wisatawan, Jalan Sekitar Buka-Tutup

Kawsan Titik Nol Kilometer dipenuhi wisatawan beberapa waktu lalu - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
09 Juni 2019 08:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJAS--Setiap momen liburan, bisa dipastikan kawasan Malioboro dipadati wisatawan. Untuk mengantisipasi kemacetan parah, polisi memberlakukan sistem buka-tutup di ruas-ruas jalan sekitar titik Nol Km.

Kepala Pos Pengamanan Pos Besar, Iptu Buang Tanto, mengatakan kepada Harianjogja.com, Sabtu (8/6/2019), ramainya wilayah sekitar Titik Nol Km bukan kendaraan pemudik, melainkan wisatawan.

"Mayoritas wisatawan kalau di sekitar sini," katanya.

Selain Malioboro itu sendiri, di sekitarnya juga terdapat sejumlah tempat wisata yang mengundang kedatangan wisatawan, seperti Beringharjo, Taman Pintar, Kraton dan lainnya.

Maka tak heran jika sejumlah ruas jalan di sekitar Malioboro pasti macet. Sebab itu pihaknya memberlakukan sistem buka-tutup, diantaranya di simpang empat Gondomanan dan Simpang Tiga PKU.

"Kalau sudah terlihat macet, jalan dari barat atau timur akan kami tutup untuk sementara," kata dia.

Berdasarkan pantauan harianjogja.com, kemacetan parah juga sering terjadi di Jalan Suryotomo sisi barat dan Jalan Jagalan, sebelah timur simpang empat Gondomanan.

Di Jagalan, kemacetan bahkan sampai mengunci jalan karena banyaknya mobil parkir di bahu jalan. Akibatnya banyak kendaraan yang sudah masuk terjebak dan harus menunggu lama.

Karena Jalan Jagalan adalah jalan kecil, tidak ada polisi yang mengatur di situ. Hanya terlijat beberapa warga berusaha mengarahkan kendaraan yang lewat atau malah menutup jalan dari sisi selatan.