Bisa Parkir di Mana Saja, Jogja Bike Diusulkan Dibuat seperti di Luar Negeri

Salah satu shelter Jogja Bike di Malioboro, Selasa (11/6/2019). - Harian jogja/Lugas Subarkah
12 Juni 2019 02:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Layanan sepeda berbasis online Jogja Bike ke depan ingin dibuat seperti di luar negeri. Di mana, penggunanya bisa bebas memarkir di berbagai shelter yang tersedia.

Saat ini Jogja Bike memiliki 17 shelter dan 130 sepeda yang tersebar di sepanjang Malioboro dan Kotabaru.

Operasional Jogja Bike berbasis aplikasi. Sejak pertama diluncurkan pada Oktober 2018 lalu, sampai saat ini aplikasi Jogja Bike telah diunduh 12.000 pengguna.

Salah satu pengguna Jogja Bike, Fahrudin, mengungkapkan sangat mendukung pengembangan Jogja Bike. "Karena dengan sepeda lebih simpel, bisa mobile dan dititipkan," kata dia, Selasa (11/6/20190.

Namun ia mengeluhkan sistem Jogja Bike yang belum memungkinkan pengguna untuk menaruh sepeda di shelter yang berbeda. "Jadi harus kembali ke shelter awal, kalau di luar negeri kan bisa beda shelter," katanya.

Menanggapi hal ini, Human Resource and General Affair Jogja Bike, Aji Prasetyo mengatakan memang sudah ada wacana ke sana, tapi untuk itu tempat memarkir harus lebih banyak dibanding sepeda. Sehingga tidak terjadi penumpukan. "Tapi masih sulit soalnya space terbatas dan perizinan," kata dia.