Pemkab Kulonprogo Siap Sambut Syawalan Gubernur DIY

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyalami warga satu per satu saat open house syawalan Lebaran 2019 di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Senin (10/6/2019) - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
13 Juni 2019 13:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Kegiatan syawalan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Kulonprogo yang rencananya akan berlangsung pada Rabu (19/6/2019) depan bakal dihadiri 1.456 undangan.

Sekretaris Daerah Kulonprogo Astungkoro, mengatakan ribuan undangan ini berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari Kepala Sekolah se Kulonprogo, seluruh OPD, Forkompinda, DPRD Kulonprogo dan sebagainya.

"Teknis tempat duduk sudah kami atur, termasuk hiburan dan juga pengamanan," kata Astungkoro, dalam rapat persiapan Syawalan Gubernur DIY, di ruang Bale Agung kompleks Pemkab Kulonprogo, Rabu (12/6/2019).

Rencananya, kegiatan syawalan dipusatkan di Gedung Taman Budaya Kulonprogo (TBK), Kecamatan Pengasih. Sebelum acara dimulai, Gubernur DIY beserta rombongan disambut gending-gending jawa dan penampilan tarian binaan Dinas Kebudayaan Kulonprogo. Setelah itu dilanjutkan sambutan dari Bupat Kulonprogo dan Sultan.

Di sektor keamanan, saat syawalan nanti, ratusan personel dari Satpol PP, Polsek, Polres dan Kodim Kulonprogo akan berjaga dan berpatroli di sekitar lokasi. Sementara dari Dinas Perhubungan telah menyiapkan tim guna memastikan ketersediaan lahan parkir dan rambu-rambu saat acara berlangsung.

Sebenarnya pada hari yang sama, Disbud Kulonprogo juga menggelar acara pentas asik 2019 di lokasi syawalan. Namun itu tak menjadi masalah, sebab kedua acara tetap berjalan beriringan.

"Nanti malah bisa buat hiburan, kami sajikan Tari Angguk dan kesenangan khas Kulonprogo lainnya," kata Sekretaris Disbud Kulonprogo, Joko Mursito.