Dishub Kulonprogo Klaim Arus Mudik dan Balik Lancar. Ini Sebabnya ...

Arus mudik di Terminal Giwangan. - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak
13 Juni 2019 14:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo, Bowo Pristiyanto mengklaim arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 di Kulonprogo tergolong lancar. Tidak ada kemacetan mengular terutama di sejumlah titik yang sebelumnya telah dikhawatirkan bikin macet.

"Titik-titik rawan macet seperti di pertigaan pangkalan [Kecamatan Temon] ternyata tidak terjadi. Begitupun dengam perempatan Dekso, Nanggulan. Jadi bisa dikatakan tahun ini lebih lancar dibandingkan sebelumnya," kata Bowo.

Menurut Bowo, lancarnya arus mudik dan balik ini tak lepas dari telah difungsikannya Tol Trans Jawa. Sehingga kendaraan yang menuju arah Kulonprogo tidak terpusat.

"Selain itu, juga ada kebijakan dari jajaran kepolisian, jika mulai ada informasi macet di sebuah lokasi, langaung ditarik manual," ujarnya.

Terkait total jumlah kendaraan yang memasuki Kulonprogo selama lebaran, Dishub Kulonprogo masih melakukan pendataan. Hasilnya baru akan dipublikasi Jumat (14/6/2019). Adapun untuk hari ini, kata Bowo, arus balik ke arah barat masih terlihat. Kendaraam didominasi bus-bus besar dan mobil berplat B (Jakarta).