11 Kelompok Informasi Masyarakat Peroleh Bantuan Papan Nama

Salah satu pengurus KIM Ngesti Raharjo, Kelurahan Wates mendapatkan bantuan papan nama, Selasa (11/6/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
16 Juni 2019 10:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Sebanyak 11 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Kulonprogo mendapatkan bantuan papan nama gratis dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kulonprogo. Bantuan ini bertujuan agar KIM lebih dikenal masyarakat setelah dipasang papan nama.

Beberapa KIM yang mendapat bantuan di antaranya KIM Cordina Desa Hargotirto, Kecamatan Sentolo, KIM Beriman 88, Desa Bendungan, Kecamatan Wates, KIM Ngesti Raharjo, Kelurahan Wates, dan KIM Ngudi Makmur, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) Diskominfo Kulonprogo, Sigit Purnomo mengatakan dengan adanya papan nama ini, keberadan KIM bisa lebih diketahui. Di samping itu sekaligus jadi aktualisasi keberadaan KIM dalam mengelola memanajemen organisasiannya.

"Serta bisa dapat pengakuan dan pengukuhan dari masyarakat dan lembaga pemerintah, mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga Provinsi,” kata Sigit, Selasa (11/6/2019).

Sekretaris Diskominfo Kulonprogo Heri Darmawan, berharap adanya papan nama KIM dapat mendorong dan mengembangkan peran dan fungsinya dalam memberikan legalitas dan transparansi kepada masyarakat.

"Nantinya masyarakat bisa mengenal dan tersosialisasi lebih baik, sehingga tidak ragu-ragu memanfaatkan layanan KIM karena sudah punya legalitas hukum dan tujuan yang jelas,” ujarnya.

Seperti diketahui, sesuai dengan kedudukan dan sifatnya KIM bisa menjadi pusat informasi masyarakat. Di sini masyarakat dapat menggunakan layanan internet untuk mendapatkan informasi dan komunikasi yang dibutuhkan. Tak hanya berkutat pada layanan informasi, beberapa komunitas juga kerap mengadakan kegiatan bakti sosial, mulai dari donor darah hingga pemberdayaan masyarakat.