Advertisement

UMY Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Lansia Sawahan Bantul

Uli Febriarni
Kamis, 27 Juni 2019 - 13:57 WIB
Nina Atmasari
UMY Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Lansia Sawahan Bantul Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis, bagi lansia di Dusun Sawahan, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. - Ist/ Dok UMY

Advertisement


Harianjogja.com, BANTUL- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendorong peningkatan kesehatan lansia lewat program pemeriksaan kesehatan gratis, bagi lansia di Dusun Sawahan, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul.

Ketua Kegiatan Siti Bahiroh menjelaskan selain pemeriksaan kesehatan, tim juga memberikan sejumlah bantuan peralatan kesehatan. Tujuannya, agar masyarakat dapat melakukan pemeriksaan dasar mandiri sebagai deteksi dini.

Advertisement

"Kader-kader kesehatan masyarakat Sawahan yang memiliki latar belakang pendidikan kesehatan juga telah dilatih, untuk menggunakan peralatan kesehatan bantuan dari tim. Dengan demikian, pemeriksaan dini dapat rutin diakukan di lingkungan masyarakat," kata dia, dalam keterangan tertulis, Senin (24/6/2019).

Seluruh kegiatan pengabdian, dilaksanakan pada 29 Mei 2019 di Musala Al-Ikhlas, dusun setempat. Kegiatan dilakukan dengan diselingi kegiatan Buka Bersama dan Salat Magrib Berjemaah. Pengabdian tersebut diselenggarakan bersama dengan rekan satu tim, Cahyo Setiadi dan dukungan seorang narasumber tenaga medis Agus Suharto.

Penyuluhan kesehatan kepada masyarakat dilakukan sebagai inisiasi. Dengan inisiasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat meneruskan pemeriksaan rutin.
Menurut Siti Bahiroh, sejumlah program yang dilakukan oleh tim akan membantu masyarakat, khususnya lansia, yang memiliki keterbatasan akses kepada layanan kesehatan primer publik contohnya puskesmas," ujarnya.

Seorang pelaksana program Cahyo menjelaskan rangkaian kegiatan pengabdian merupakan bagian dari pelaksanaan darma bakti perguruan tinggi oleh UMY yang dilaksanakan oleh dosen-dosen.

Tema rangkaian kegiatan di Sawahan ini yaitu Program Prevensi dan Promosi untuk Peningkatan Kesehatan Lansia Dusun Sawahan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul.

"Dosen-dosen UMY bekerja sama dengan masyarakat, dalam hal ini Takmir Musala Al-Ikhlas untuk berjalannya program. Setelah rangkaian kegiatan selesai, akan dilakukan juga supervisi kepada masyarakat," kata dia.

Supervisi dilakukan agar masyarakat terus mengadakan deteksi dini kesehatan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement