UMY Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Lansia Sawahan Bantul

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis, bagi lansia di Dusun Sawahan, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. - Ist/ Dok UMY
27 Juni 2019 13:57 WIB Uli Febriarni Bantul Share :


Harianjogja.com, BANTUL- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendorong peningkatan kesehatan lansia lewat program pemeriksaan kesehatan gratis, bagi lansia di Dusun Sawahan, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul.

Ketua Kegiatan Siti Bahiroh menjelaskan selain pemeriksaan kesehatan, tim juga memberikan sejumlah bantuan peralatan kesehatan. Tujuannya, agar masyarakat dapat melakukan pemeriksaan dasar mandiri sebagai deteksi dini.

"Kader-kader kesehatan masyarakat Sawahan yang memiliki latar belakang pendidikan kesehatan juga telah dilatih, untuk menggunakan peralatan kesehatan bantuan dari tim. Dengan demikian, pemeriksaan dini dapat rutin diakukan di lingkungan masyarakat," kata dia, dalam keterangan tertulis, Senin (24/6/2019).

Seluruh kegiatan pengabdian, dilaksanakan pada 29 Mei 2019 di Musala Al-Ikhlas, dusun setempat. Kegiatan dilakukan dengan diselingi kegiatan Buka Bersama dan Salat Magrib Berjemaah. Pengabdian tersebut diselenggarakan bersama dengan rekan satu tim, Cahyo Setiadi dan dukungan seorang narasumber tenaga medis Agus Suharto.

Penyuluhan kesehatan kepada masyarakat dilakukan sebagai inisiasi. Dengan inisiasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat meneruskan pemeriksaan rutin.
Menurut Siti Bahiroh, sejumlah program yang dilakukan oleh tim akan membantu masyarakat, khususnya lansia, yang memiliki keterbatasan akses kepada layanan kesehatan primer publik contohnya puskesmas," ujarnya.

Seorang pelaksana program Cahyo menjelaskan rangkaian kegiatan pengabdian merupakan bagian dari pelaksanaan darma bakti perguruan tinggi oleh UMY yang dilaksanakan oleh dosen-dosen.

Tema rangkaian kegiatan di Sawahan ini yaitu Program Prevensi dan Promosi untuk Peningkatan Kesehatan Lansia Dusun Sawahan, Pendowoharjo, Sewon, Bantul.

"Dosen-dosen UMY bekerja sama dengan masyarakat, dalam hal ini Takmir Musala Al-Ikhlas untuk berjalannya program. Setelah rangkaian kegiatan selesai, akan dilakukan juga supervisi kepada masyarakat," kata dia.

Supervisi dilakukan agar masyarakat terus mengadakan deteksi dini kesehatan tersebut.