Teknologi Digital Perguruan Tinggi Harus Mumpuni

Country Business Development Manager AMD Indonesia Brando Lubis (kanan) dan Country Manager ALE Indonesia Adios Purnama (kiri) di sela acara Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) Education Day 2019. - Ist/AMD.
29 Juni 2019 13:47 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Di era revolusi industri 4.0, wawasan pengetahuan dan peran teknologi dalam sektor pendidikan tidak bisa dikesampingkan. Mulai layanan jaringan internet hingga masalah keamanan data.

Country Business Development Manager AMDIndonesia Brando Lubis mengatakan wawasan pengetahuan mengenai peran teknologi dalam sektor pendidikan harus dikuasai, khususnya di kalangan kampus. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihaknya siap untuk membantu kebutuhan kampus terkait pengelolaan digital informasi.

Sebagai tindak lanjut, AMD menggelar kegiatan Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) Education Day 2019. Kegiatan tersebut diikuti pengambil keputusan dari 15 universitas di DIY Jawa Tengah. "Kami menyediakan kolaborasi teknologi dan bagaimana inovasi teknologi menciptakan kesempatan bagi perkembangan digital di masa mendatang," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (28/6/2019).

Pada acara yang digelar di Jogja Marriott Hotel itu, AMD menampilkan teknologi AMD Ryzen Pro yang dibenamkan pada Lenovo ThinkPad A485 dan Lenovo ThinkPad A275. Dengan teknologi AMD Ryzen Pro, menurut dia, pengguna notebook komersial akan mendapatkan performa efisiensi daya, fitur keamanan termutakhir dan keandalan serta pengelolaan kualitas komersial.

"Prosesor baru ini memungkinkan pabrikan global PC untuk menciptakan sistem bisnis yang lebih luas, dari profesional premium hingga notebook produktivitas sehari-hari," kata Brando.

Brando mengatakan, kebutuhan kampus terkait layanan jaringan internet sangat tinggi. Hal ini dikarenakan komunitas kampus cukup unik dan spesifik. Mereka membutuhkan database pengelolaan jurnal, informasi data mahasiswa dan sebagainya. "Kampus membutuhkan Big Data sehingga setiap tahun kebutuhan infrastruktur jaringan internet juga harus menyesuaikan dengan tren," katanya.

Kehadiran teknologi baru yang diusung AMD, katanya bisa menjawab semua kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh kampus. AMD juga menawarkan "Zen"-based prosesor Athlon PRO mobile, menghadirkan pilihan pengalaman komputasi mobile secara lebih luas di seluruh spektrum. Menurut dia, teknologi terbaru AMD Ryzen PRO dapat meningkatkan produktifitas dan memiliki tingkat keamanan yang telah disempurnakan.

"Prosesor AMD yang dibenamkan pada berbagai merek notebook dan PC untuk sektor komersial seperti ASUS, Acer, Dell, Lenovo, dan HP dapat menjadi pilihan terbaik bagi instansi atau pengguna yang mencari kebutuhan komputer atau notebook dengan fitur andal, tangguh, dan harga bersaing di pasaran," kata Brando.

Country Manager ALE Indonesia Adios Purnama mengatakan edukasi dalam bidang digital transformasi menjadi hal penting bagi generasi milenial yang sehari-hari tidak bisa dilepaskan dari dunia teknologi. "Dengan pemanfaatan yang baik, teknologi mampu memberi kontribusi positif bagi dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi," katanya.