Advertisement

Mahasiswa UGM Teliti Manfaat Nira Kelapa untuk Turunkan Kolesterol

MediaDigital
Jum'at, 05 Juli 2019 - 18:27 WIB
Nina Atmasari
Mahasiswa UGM Teliti Manfaat Nira Kelapa untuk Turunkan Kolesterol Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa UGM terdiri Kenny Putri Kinasih, Silvia Bufa Amanda, dan Niken Lestari. - Ist/ Dok UGM

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Mahasiswa UGM berhasil teliti nira kelapa untuk menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, LDL dan turunannya. Dislipidemia atau kondisi abnormalitas profil lipid dalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Penyakit ini bahkan diprediksi menyebabkan kematian tertinggi dengan angka kematian 23,6 juta orang di dunia pada tahun 2030. Salah satu cara mengatasi dislipidemia ialah dengan meningkatkan mikroflora baik di dalam usus melalui konsumsi probiotik.

Advertisement

Penelitian yang dilakukan oleh Kenny Putri Kinasih, Silvia Bufa Amanda, dan Niken Lestari di bawah asuhan pakar Gizi Kesehatan, Rio Jati Kusuma ini diawali dengan mengisolasi bakteri pada badeg yang memiliki ketahanan terhadap asam dan garam empedu.

‘Badeg’ merupakan minuman tradisional yang berasal dari nira kelapa yang dapat mengalami fermentasi spontan. Pengujian kolestrol dilakukan secara in vitro. Isolat bakteri diidentifikasi dengan pengecetan gram dan analisis PCR.

Bakteri yang memiliki ketahanan terhadap asam dan garam empedu ditemukan  pada sampel A dengan pengenceran 10-6 pada koloni pertama. Koloni tersebut memiliki clear zone disekitarnya yang diduga merupakan bakteri yang menghasilkan bakteriosin. Hasil pengecetan gram menunjukkan bahwa bakteri tersebut merupakan bakteri gram positif dengan bentuk batang.

Data yang diperoleh dari hasil penelitian diharapkan dapat membantu penelitian selanjutnya dalam hal pencarian bakteri probiotik yang dapat menurunkan kolesterol berbasis pangan lokal.

Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai guna badeg sehingga lebih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat terlebih dalam bidang kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement