100 Anak Ikuti Khitanan Massal di FK UII

Kegiatan khitanan massal yang digelar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII), Sabtu (6/7/2019). - Ist/Humas UII.
07 Juli 2019 08:57 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 100 anak mengikuti khitanan massal yang digelar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII), Sabtu (6/7/2019). Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Milad UII ke- 76 itu bekerja sama dengan Bank CIMB Niaga Syariah dan IKI (Ikatan Keluarga Ibu-Ibu) UII.

Sekretaris Umum Milad ke-76 UII Sani Rachman Soleman menjelaskan kegiatan itu diikuti sebanyak 100 anak merupakan hasil seleksi dari sekitar 150 pendaftar. Ia mengatakan, pendaftar yang belum bisa mengikuti akan diprioritaskan pada tahun berikutnya.

Berbeda dengan khitanan pada umumnya, lanjut Sani, peserta yang ingin mengikuti khitanan ini lebih dahulu harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari pendaftaran, selanjutnya melalui screening yang melibatkan sejumlah dokter profesional UII dengan melakukan pengecekan beberapa hari sebelum acara khitan.

"Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya gangguan perdarahan, kista, fimosis [saluran kencing yang kecil], hipospadia [lubang saluran kencing terletak di bawah] dan penyakit pada peserta sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan khitan," terang dia dalam rilisnya, Minggu (7/7/2019).

Ia menambahkan screening ini sekaligus memberikan edukasi kepada calon peserta untuk menjaga pola makan sebelum dikhitan dan dianjurkan untuk banyak istirahat agar tidak terjadi perdarahan saat dikhitan.

Selanjutnya, tim mengeluarkan nama-nama anak yang layak untuk mengikuti khitanan. Tim khitanan massal sendiri, terdiri dari 15 orang dokter, baik dosen maupun alumni Fakultas Kedokteran UII yang bertugas sebagai operator. Sedangkan tim siaga terdiri dari empat dokter yang bertugas sebagai penanggung jawab ketika terjadi perdarahan enam jam setelah sunatan.

“Selain itu, tim juga terdiri dari empat orang dokter sebagai tim kontrol yang akan melakukan monitor perkembangan luka setelah dikhitan," ujarnya.

Branch Manager Bank CIMB Niaga Syariah Endy Purwono menjelaskan dukungan khitanan massal bersama UII tersebut merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) CIMB Niaga Syariah melalui dana kebajikan yang harus disalurkan kepada masyarakat. Selain itu, pihaknya melihat dari berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan Milad UII, salah satunya adalah khitanan massal karena manfaatnya secara langsung untuk masyarakat.

“Ke depan tentu akan ada kegiatan lain bersama UII dalam kaitan pemberdayaan masyarakat, yang tidak terbatas dengan Fakultas Kedokteran saja. Intinya kegiatan sosial, kegiatan lain juga bisa dilakukan bersama tetapi fokusnya untuk membantu masyarakat seperti pemberdayaan ekonomi. Termasuk kami juga menyalurkan dana kebajikan ini ke lembaga zakat,” katanya.

 Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni UII Rohidin mengapresiasi  penyelenggaraan khitanan massal tersebut. Kegiatan itu diharapkan bisa membantu dan memberi manfaat secara langsung kepada masyarakat. “Salah satu rencana strategis kami melebatkan manfaat kepada masyaralat, sehingga kami tentu berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini,” terangnya.