Universitas Sanata Dharma Tuan Rumah ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019 di Universitas Sanata Dharma, Sabtu (13/7 - 2019).
15 Juli 2019 00:57 WIB MediaDigital Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Sanata Dharma (USD) Jogja menjadi tuan rumah ASEAN Contemporary Dance Festival 2019, Sabtu (13/7/2019). Universitas yang berpusat di kawasan Mrican, Depok, Sleman itu menggelarnya di Auditorium Driyarkara USD.

Acara ini sukses menyedot animo masyarakat Jogja, terbukti dengan penuhnya kursi yang ada di Auditorium Driyarkara. Acara yang terselenggara berkat kerja sama antara USD dan Sekretariat ASEAN itu menampilkan peserta yang berasal dari Indonesia selaku tuan rumah, Filipina,Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Rektor USD Johanes Eka Priyatma mengatakan keuntungan bersifat moril dari acara ini menegaskan apresiasi bagi USD soal kebudayaan menjadi bagian yang esensial bagi pendidikan. Karena itu, USD berkomitmen mengembangkan auditorium ini supaya menjadi sarana bagi komunitas di USD dan di luar USD untuk bisa mengembangkan seni dan kebudayaan.

“Karena itu, ketika Sekretariat ASEAN memilih USD untuk menjadi arena, maka kami [USD] pahami sebagai apresiasi dan dukungan terhadap komitmen kami menempatkan budaya yang tak terpisahkan untuk pendidikan dan untuk membangun nilai-nilai masyarakat,” ujarnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Minggu (14/7).

Johanes Eka nemambahkan USD selaku peserta dari Indonesia menampilkan tari kolaborasi, integrasi, dan kombinasi tari dari berbagai daerah di Indonesia yang ditampilkan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa Grisada USD.