Aqua Dwipayana Berikan Motivasi kepada 450 Karyawan PT Pegadaian

Pakar komunikasi dan motivator Aqua Dwipayana dalam sharing komunikasi dan motivasi kepada ratusan karyawan PT Pegadaian Kanwil XI Semarang di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Minggu (14/7/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
15 Juli 2019 13:12 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Lebih dari 450 karyawan PT Pegadaian Kanwil XI Semarang mengikuti sharing komunikasi. Tak hanya itu, dalam acara yang digelar di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Minggu (14/7/2019) malam tersebut, ratusan karyawan juga mendapatkan suntikan motivasi dari pakar komunikasi dan motivator nasional Aqua Dwipayana.

Di hadapan ratusan karyawan PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Aqua Dwipayana mengatakan untuk mencapai target yang diinginkan di dalam pekerjaan, seseorang harus meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi. "Kuncinya adalah pada kemampuan berkomunikasi baik secara individu, internal maupun eksternal," kata Aqua di sela-sela acara, Minggu.

Sebagai karyawan PT Pegadaian, kata dia, para karyawan pasti kerap menghadapi klien atau nasabah dengan tipe dan karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu karyawan harus mempelajari komunikasi agar bisa menyesuaikan dengan nasabah atau klien yang datang.

Menurut dia, komunikasi paling sederhana yang bisa dipelajari dan ditingkatkan adalah bahasa non verbal dalam menghadapi klien atau nasabah "Paling tidak bahasa nonverbal mulai diperbaiki. Contohnya itu senyum. Saat bertemu dengan klien misalnya, sebelum mulai berbicara biasakan ajak senyum dulu, itu penting sebagai bentuk penghormatan dan sebagai pembuka komunikasi,” ucap dia.

Dia juga mengatakan ada beberapa prinsip yang harus diterapkan oleh setiap karyawan untuk bekerja produktif dalam mencapai target yang ditentukan perusahaan, mulai dari rendah hati, empati, optimis, hingga selalu bersyukur.

Selain itu, menurut dia, di zaman yang serba digital ini, setiap karyawan harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi pribadi maupun perusahaan, terutama di media sosial. “Hati-hati dalam menggunakan media sosial, karena insan Pegadaian harus mampu menjadi teladan,” ucap dia.

Senior Vice President PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Mulyono mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja para karyawan untuk mencapai target-target perusahaan. “Mari meningkatkan kemampuan komunikasi agar berhasil melampaui target bisnis," kata dia.