Bantuan Air dari Pihak Swasta Mulai Berdatangan ke Lokasi Kekeringan di Menoreh

Warga mengantre untuk mendapatkan bantuan air bersih dari Polsek Girimulyo di Dusun Ngaglik, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Jumat (28/6/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
16 Juli 2019 02:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :


Harianjogja.com, KULONPROGO-Bantuan air bersih dari pihak swasta mulai berdatangan ke lokasi kekeringan di Kulonprogo. Salah satunya dari PT SRD melalui pengurus Baladika dan Koramil 05/Kalibawang. Sebanyak 30 tangki air bersih diberikan kepada warga di Dusun Tanjung, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Minggu (14/7/2019).

Danramil 05/Kalibawang, Kapten Inf Sukamta, mengatakan dropping air ini menerapkan sistem prioritas. Maksudnya hanya ditujukan kepada warga yang membutuhkan.

"Untuk sementara, bantuan air bersih kami siapkan 30 tangki, jumlah ini ada kemungkinan bertambah sesuai kebutuhan warga," ujarnya, di sela-sela dropping air, Minggu siang.

Penasehat Baladika Dwi Wicaksana mengatat dalam kegiatan ini selain bekerjasama dengan PT SRD, pihaknya turut menggandeng Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan sejumlah perusahaan swasta lainnya. Lewat kegiatan ini diharapkan warga yang tengah mengalami krisi air bisa segera memenuhi kebutuhannya.

"Sebagai relawan kami akan terus membantu warga yang membutuhkan, tak terkecuali," ujarnya.

Salah satu warga Dusun Tanjung, Totok Dwi Haryono, mengatakan setiap musim kemarau sekitar 320 jiwa warga di dusunnya selalu kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Pasalnya, satu-satunya sumber mata air yang berlokasi di bawah Puncak Suroloyo, desa setempat, surut.

"Kalau sudah seperti ini kami biasanya mengambil air secara manual menggunakan jeriken dan ember di sungai dusun sebelah, tapi saat ini juga sudah menyusut," ungkapnya.

Dia mengatakan kondisi ini memaksa warga Tanjung hanya berharap kepedulian dari pihak lain. Salah satunya adalah dengan pemberian bantuan air bersih. Ia berharap hujan bisa segera turun agar warga desanya bisa terbebas dari krisis air.