Dorong Pembangunan Masyarakat Berkelanjutan, UNY Gelar Seminar Internasional Mulai Selasa Besok

Suwandi Purwantoro, Dekan terpilih Fakultas Ilmu Sosial UNY (kiri), dan Nugroho Nurcahyo, Redaktur Pelaksana Harian Jogja. - Harian Jogja/Fransiska Kalpika
22 Juli 2019 15:47 WIB Budi Cahyana Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan menggelar seminar internasional 3rd  International Conference of Social Sciences and Education (ICSSED) di Prime Plaza Hotel Jogja selama empat hari mulai Selasa (23/7/2019) besok sampai dengan Jumat (26/7/2019).

Seminar tersebut bertema Challenges of Social Sciences and Education for Achieving Sustainable Development Goals, menghadirkan empat pembicara dari berbagai negara: Ahman Sya, Guru Besar Universitas Negeri Jakarta sekaligus pakar di bidang pengembangan pariwisata; Bayes Ahmed, pakar bidang kebencanaan dan ketahanan masyarakat University College London, Inggris; Mohd Hairy Ibrahim, pakar bidang iklim Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia; serta Mukminan, pakar bidang teknologi pembelajaran UNY.

Penanggungjawab 3rd ICSSED sekaligus Dekan FIS UNY Ajat Sudrajat menuturkan konferensi ini bertujuan mewujudkan jaringan global antarpakar di bidang ilmu sosial dan pendidikan yang akan mempromosikan berbagai penelitian yang humanis dan berbasis pemikiran kritis untuk pembangunan masyarakat yang berkelanjutan.

“Agenda Tujuan-Tujuan Pembangunan Berkelanjutan [Sustainable Development Goals-SDGs] pada 2030 yang disepakati seluruh anggota PBB 2015 lalu tidak hanya berfokus pada pembangunan kawasan, tetapi juga isu-isu ketahanan masyarat dan lingkungan. Meskipun pertumbuhan ekonomi masih menjadi isu krusial, tetapi ketimbangan sosial, pendidikan, dan kualitas informasi serta perubahan iklim juga patut dipertimbangkan. Oleh karena itu, sudah semestinya pada pakar di bidang ilmu sosial dan pendidikan bersama-sama memelajari topik ini untuk dapat berbagi gagasan, pengetahuan, dan pengalaman terkait tantangan SDGs,” kata dia melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Sementara, Chairman 3rd ICSSED Danu Eko Agustinova mengatakan sudah ada lebih dari 172 pemakalah dari berbagai perguruan tinggi, baik dari dalam maupun luar negeri yang akan berpartisipasi dalam konferensi internasional ini.

“Selain itu sudah ada lebih dari 114 artikel yang siap dipresentasikan. Jumlah artikel ini kami perkirakan masih akan terus bertambah karena belum semua pemakalah mengirimkan artikel mereka.”

UNY menggandeng beberapa perguruan tinggi untuk menggelar acara ini, yakni Universiti Teknologi Mara Malaysia, Universiti Utara Malaysia, Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pattimura, Universitas Negeri Malang, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.