Advertisement

Mahasiswa Harus Bijak Gunakan Media Digital

Uli Febriarni
Jum'at, 26 Juli 2019 - 09:47 WIB
Nina Atmasari
 Mahasiswa Harus Bijak Gunakan Media Digital Peserta foto bersama di-sela-sela workshop literasi digital bertema Cerdas dan Bijak Bermedia Di Era Digital, di Ruang Multimedia Ilmu Komunikasi Gedung Ki Bagus Hadikusumo UMY, Jumat (19/7/2019). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) AR. Fakhruddin Kota Jogja, mengajak mahasiswa bijak dalam menggunakan media digital.

Ajakan tersebut dilakukan lewat workshop literasi digital bertema Cerdas dan Bijak Bermedia Di Era Digital, di Ruang Multimedia Ilmu Komunikasi Gedung Ki Bagus Hadikusumo UMY, Jumat (19/7/2019).

Advertisement

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMY Aswad Ishak mengatakan seiring berkembangnya era digital, permasalahan dan isu yang muncul di kalangan masyarakat kian beragam.

Salah satunya seperti banyaknya kasus berita bohong atau ujaran kebencian melalui penggunaan gawai. Melihat fenomena yang terjadi tersebut, melalui workshop diharapkan para generasi muda khususnya mahasiswa, dapat memanfaatkan media digital sebijak mungkin dan dapat memberikan kebaikan dan kontribusi untuk kemajuan bangsa.

"Kami berharap agar mahasiswa selaku generasi muda Muhammadiyah dapat mengoptimalkan dengan baik dan memanfaatkan media untuk membangun dan membantu Muhammadiyah," ujar Aswad, dalam keterangan tertulis, Rabu (24/7/2019).

Dosen Ilmu Komunikasi UMY Taufiqurrahman menyatakan literasi menjadi penting untuk dilakukan agar masyarakat tidak gagap dalam menjalani era digital saat ini. Apalagi mengingat beberapa kegiatan aktivitas sosial saat ini, juga dapat dilakukan melalui media digital.

“Seperti yang belakangan ini sering kita temui misalnya penggalangan dana atau petisi daring. Hal itu tentunya sangat berdampak positif bagi masyarakat.

Maka sangat penting bagi kita untuk menyampaikan literasi media digital kepada masyarakat. Ada banyak sisi positif media digital yang dapat kita eksplorasi dan dimanfaatkan untuk kebaikan bersama," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement