Advertisement

Sleman Anggarkan Rp212 Juta untuk Pelantikan Wakil Rakyat

Yogi Anugrah
Minggu, 04 Agustus 2019 - 07:17 WIB
Nina Atmasari
Sleman Anggarkan Rp212 Juta untuk Pelantikan Wakil Rakyat Gedung DPRD Sleman. - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman telah menganggarkan Rp212 juta untuk pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024. Rencananya, pelantikan anggota dewan akan dilaksanakan pada 12 Agustus.

Sekretaris DPRD Kabupaten Sleman Fransisca Retno Wisudawati mengatakan karena gedung DPRD Kabupaten Sleman sedang dalam tahap renovasi, pelantikan akan digelar di Pendopo Parasamya Kantor Bupati Sleman.

Advertisement

“Pelantikan akan digelar pada Senin [12/8/2019], dimulai sekitar pukul 10.00 WIB,” kata dia saat dihubungi Sabtu (3/8/2019).

Pihaknya telah menganggarkan Rp212 juta untuk pelantikan anggota dewan baru. Anggaran tersebut akan digunakan untuk keperluan mulai dari sewa tenda, katering, serta sarana dan prasarana lainnya. “Jadi Pendopo Parasamya akan dibuat seperti tempat rapat paripurna,” ujar dia.

Rencananya, pelantikan tersebut akan dihadiri sekitar 580 tamu undangan, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, perwakilan partai politik peserta pemilu, hingga keluarga anggota dewan, baik anggota dewan yang lama maupun yang baru.

“Sudah disediakan kantong parkir di sekitar Kantor Sekretariat Daerah Sleman, Masjid Agung Sleman, dan lapangan Pemkab, kami berkoordinas dengan pihak terkait,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui, KPU Sleman telah menetapkan 50 Anggota DPRD Kabupaten Sleman pada Senin (22/7/2019) lalu. Berdasarkan hasil perhitungan suara, PDI P memperoleh suara terbanyak dan menambah kursi di DPRD Sleman menjadi 15 kursi, dari raihan 12 kursi pada pemilu 2014 lalu.

Sementara penurunan kursi di DPRD Sleman dirasakan oleh partai Gerindra. Pada 2014 lalu, Gerindra berhasil meraih tujuh kursi di DPRD Sleman, namun pada tahun ini, jumlah tersebut turun menjadi enam kursi. PAN yang pada pemilu 2014 lalu mendapatkan enam kursi, pada tahun ini juga mendapatkan enam kursi. Selain tiga partai diatas, PKS juga mendapatkan enam kursi pada pemilu tahun ini, jumlah yang sama seperti raihan pada 2014 lalu. 

PKB yang pada 2014 lalu mendapatkan lima kursi, pada tahun ini mendapatkan enam kursi. Golkar yang pada 2014 lalu mendapatkan empat kursi, mendapatkan lima kursi pada tahun ini. Sedangkan penurunan dirasakan oleh PPP yang pada 2014 lalu mendapatkan empat kursi, pada tahun ini mendapatkan tiga kursi, dan Partai Demokrat yang 2014 lalu mendapatakan satu kursi, tahun ini tidak mendapatkan kursi.

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan setelah melakukan penetapan, KPU Sleman menyampaikan surat pengusulan calon terpilih anggota DPRD Kab Sleman untuk pengucapan sumpah janji kepada Gubernur DIY melalui Bupati Sleman pada Kamis (27/7/2019) lalu.

“Hal itu didasarkan pada ketentuan yang tercantum dalam Peraturan KPU No.5/2019 pasal 31 ayat (4) tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement